Gelaran Musrenbangdes 2024 di Desa Purwodadi, Kades Suyanto : Pembangunan Harus Berkelanjutan


DIPLOMASINEWS.NET - Purwodadi - Banyuwangi
- Pagi itu, Senin, 30 September 2024, Pemerintah Desa [ Pemdes ] Purwodadi, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi telah menggelar acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa [ Musrenbangdes ] tahun 2024 di pendapa desanya. 

Catatan media online ini di tempat acara bahwa diadakannya gelaran musrenbangdes tersebut sebagai langkah awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa [ RKPDES ] untuk tahun anggaran 2025 dan daftar usulan tahun anggaran 2026. Acara itu bertajuk Penguatan Ekosistem Kualitas Sumber Daya Manusia yang Mendukung Transformasi Ekonomi Berkelanjutan sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di desa.

Masih catatan media ini bahwa acara digelar di pendapa desa itu menjadi istimewa karena dihadiri oleh sosok wakil rakyat Banyuwangi dari PDIP, yakni Ir. Yayuk Banar Sri Pangayom. Juga mengundanghadirkan Forkopimka serta kepala desa [ Kades ] Purwodadi Suyanto, Badan Permusyawaratan Desa [ BPD ], Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa [ LPMD ], serta masyarakat setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Purwodadi, Suyanto dalam sambutannya menjelaskan atas pentingnya partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan. Ia menekankan bahwa kualitas sumber daya manusia merupakan faktor kunci dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan. 

"Kita perlu bekerja sama untuk menciptakan program-program yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar kades Suyanto itu.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Banyuwangi dari PDIP, Ir. Yayuk Banar Sri Pangayom menambahkan bahwa pembangunan yang berkelanjutan tidak hanya bergantung pada aspek ekonomi, tetapi juga harus mempertimbangkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat.

"Kita perlu memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil mampu meningkatkan kualitas hidup warga desa. Tak hanya itu, pendidikan yang baik dan kesehatan yang optimal adalah fondasi bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya.

Lanjut politisi PDIP itu bahwa acara Musrenbangdes tersebut diharapkan dapat menghasilkan usulan dan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta dapat mendorong kolaborasi antara pemerintah desa dan warga dalam pembangunan yang lebih baik. 

Lanjutnya lagi, dengan partisipasi aktif dari semua pihak, Desa Purwodadi diharapkan mampu mewujudkan visi dan misinya dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan berkualitas.

"Intinya, pembangunan itu harus berkelanjutan dan berkualitas," pungkas Yayuk Banar.

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 5458161275486053591

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item