Proyek Galian Pipa Paralon Milik PU Pengairan Banyuwangi : Kedalaman Galian 'Dimanipulasi'


DIPLOMASINEWS.NET - Jambewangi - Banyuwangi - Sore itu, Minggu, 14 Juli 2024, media online ini telah menginvestigitasi atas proyek galian pipa jaringan distribusi dan sambungan rumah yang berada di Dusun Sidomulyo, Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur.

Catatan hasil penelusuran media online ini di lapangan bahwa proyek kategori lelang di Dinas PU Pengairan Kabupaten Banyuwangi tersebut  dikerjakan oleh CV. Sinar Surya Banyuwangi dengan menyedot anggaran sebesar Rp. 772.635.890.00 yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2024.

Masih catatan media online ini bahwa proyek galian pipa tersebut tidak pernah terlihat dan terpantau mata masyarakat, pasalnya keberadaannya benar - benar nyelempit dan tersembunyi di tengah hutan serta jauh dari pemukiman warga.

Kemudian, karena faktor keberadaan proyek itu jauh dari jangkauan masyarakat, sehingga diduga berpotensi penyimpangan pengerjaannya.

Dan, temuan fakta di lapangan bahwa secara teknistehnis ada dugaan kuat terkait instalasi pemasangan atas kedalaman galian pipa paralon yang seharusnya standarnya 70 cm, lebar 20 cm. Namun, fakta yang terjadi di lapangan hanya digali dengan kedalaman 50 cm. 

Sementara itu, salah seorang warga di sekitar proyek yang menolak identitasnya ditulis itu mengatakan bahwa secara standar, untuk dasar galian sebagai alas pipa paralon harus dilapisi urugan pasir setebal 20 cm agar dapat menahan beban atau berat ketika ada tekanan dari atas. Faktanya, lubang galian yang mestinya diurug material pasir, ternyata tidak dilakukan sama sekali.

"Coba lihat. Galian untuk pemasangan pipa paralon itu tidak diurug blas," pungkasnya sembari menunjuk galian.

Contributor : Her
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 8488746755666459533

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item