Gelaran 'Bersih Desa' di Desa Tegaldlimo, Kades Hariyanto : Nguri - uri Legacy dan Lestarikan Tradisi

SERAH GUNUNGAN : Ketika kades Hariyanto serahkan 'gunungan' ke dalang Ki Edy sebagai simbol dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET _ Tegaldlimo _ Banyuwangi _ Malam itu, tepat 20.00 Wib, Minggu, 07 Juli 2024, pemerintah desa [ Pemdes ] Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur tengah menggelar tradisi Bersih Desa yang selalu dihelat pada setiap bulan Jawa Sura atau Muharram.

Catatan media online di tempat acara bahwa gelaran tradisi Bersih Desa di pendopo desa itu sekaligus sebagai suguhan hiburan sehat untuk seluruh masyarakat desa. Tak hanya itu, gelaran tersebut juga mengundanghdirkan Forpimka kecamatan Tegaldlimo, para kepala desa se _ kecamatan Tegaldlimo serta tumplek blek masyarakat yang menghadirinya. 

URI - URI : Kepala Desa Tegaldlimo, Hariyanto ketika gelar bersih desa di desanya. [ image : jef ]

Sedangkan suguhan hiburan itu adalah wayang purwo bersama dalang Ki Edy Siswanto dari Jember dengan menggelar lakon, Wahyu Kamulyan

Sekadar footnotes atau catatan kaki bahwa sesungguhnya gelaran bersih desa itu di samping sebagai upaya nguri _ uri' tradisi yang telah ada serta mengada hingga hari ini, juga sebagai ikhtiar positif agar seluruh pemangku desa di Desa Tegaldlimo dalam melakoni kekaryaan serta pengabdiannya senantiasa berlaku jujur, bersih, profesional demi melayani masyarakat yang wajib dilayani. 

APRESIASI : Politisi PPP Saiful Anam, SE. [ image : roy ]

Sementara itu, kepala desa [ Kades ] Tegaldlimo, Hariyanto, SE, ketika ditemui di sela - sela pementasan wayang kulit, mengatakan bahwa gelaran bersih desa yang malam itu dihelat di desanya tersebut sebagai upaya melestarikan kultur atau budaya Jawa. Salah satunya adalah tradisi bersih desa. 

Lanjut Gepeng, sapaan kades Hariyanto, bahwa sesungguhnya acara bersih desa itu sebagai simbolitas budaya yang telah tumbuh mengakar dan tak bisa terpisahkan di tengah kehidupan masyarakat. 

Masih lanjutnya, semoga dengan telah digelarnya ritualitas bersih desa di pendopo desanya tersebut serta dengan bermohon dan bersandarkan keridaan - Nya, seluruh masyarakatnya beserta para pemangku desa diberi kemudahan, kesejahteraan, kesehatan serta keberkahan. 

"Semoga kami semua di - barokahi oleh - Nya," ucap orang nomor satu di pemdes Tegadlimo itu memungkasi.

Di saat dan tempat yang sama, sosok caleg PPP terpilih, Saiful Anam, SE ditemui saat nonton pagelaran wayang kulit semalam suntuk di pendopo Desa Tegaldlimo itu berucap bahwa acara bersih desa itu merupakan warisan budaya adiluhung yang butuh dilestarikan, dirawat, dijaga keorsinalitas agar bisa tersampaikan hingga lintas generasi. 

Menurut kacamata politisi PPP itu bahwa gelaran ritual bersih desa yang dihelat di pendapa desa Tegaldlimo itu pihaknya sangat apresiatif. Lanjutkan dan jadilah setiap warga sebagai pelestari budaya sendiri. 

"Jadilahbl sebagai pelestari budaya kita sendiri," pesan politisi PPP itu mengakhiri. 

Onliners : Roy/San/Jef
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prily

Related

Cover Story 3825275238037942850

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item