Tim Rescue GM FKPPI Banyuwangi Laksanakan Karya Bakti Bedah Rumah, Serma Rahmat Hidayat : Aksi Peduli agar Layak Huni


DIPLOMASINEWS.NET - Banyuwangi -Pagi itu, Selasa, 18 Juni 2024, Komandan Rayon Militer [ Danramil ] 0825/01 Banyuwangi melalui Serma Rahmat Hidayat tengah memimpin pelaksanaan kegiatan karya bakti bedah rumah tidak layak huni [ RTLH ] milik salah satu warga di kelurahan Kampung Melayu, Banyuwangi. 

Catatan yang dihimpun media online ini di lapangan bahwa aksi nyata karya bakti tersebut dalam rangka fungsi kontrol pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni [ RTLH ].

Tak hanya itu, bersama anggota Koramil 0825/01 dan Tim Rescue PC 1325 GM FKPPI Banyuwangi serta masyarakat sekitar bergotong royong membantu mengeluarkan barang-barang dari dalam rumah milik Junaidi yang berlokasi di Jalan Banterang, RT 001 RW 001, Kelurahan Kampung Melayu, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Sementara itu, Serma Rahmat Hidayat ketika dijumpai saat meninjau secara langsung proses pekerjaan bedah rumah tidak layak huni [ RTLH ] itu mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan dukungan moral dan motivasi kepada Babinsa dan masyarakat yang sedang bergotong royong itu.

Lanjut Rahmat, bahwa kegiatan bedah rumah ini, dalam rangka sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu warga kurang mampu agar memiliki rumah yang layak menjadi tempat tinggalnya. 

"Intinya agar warga memiliki rumah yang layak huni,” ungkap Serma Rahmat Hidayat.

Masih ungkapnya, bahwa program bedah rumah tersebut dalam rangka mengimplementasikan arahan Dandim 0825/Banyuwangi dan Danrem 084/Bhaskara Jaya, sekaligus merupakan program unggulan dari KASAD tentang RTLH. Dan, kegiatan itu juga merupakan kelanjutan dari program Babinsa masuk dapur warga, khususnya kepada masyarakat tidak mampu.l

Lebih jauh dikatakan, bahwa kini pihaknya mewakili Danramil 0825/01 untuk mudun langsung di lapangan demi melihat dan mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi anggota dan warga dalam melaksanakan pengerjaan program RTLH tersebut sekaligus support, memberikan motivasi bagi anggota dan masyarakat. 

"Semoga momen tersebut menjadi hadiah untuk Junaidi dapat memiliki rumah yang layak lebih layak," jelasnya.

Jelasnya lagi, bahwa perwakilan PC 1325 GM FKPPI Banyuwangi yang tergabung dalam TIM RESCUE GM FKPPI yang dikomando langsung oleh Candra Yulianto itu bersama tim melakukan pemantauan dan meninjau langsung dilokasi pelaksanaan Program RTLH, juga bergotong royong membantu aktifitas pemindahan barang-barang. Rasa Haru dan tidak percaya menyelimuti relung hati anggota GM FKPPI yang hadir dilokasi.

"Bapak tentara ini seperti malaikat, yang dikirim Tuhan untuk mengantarkan rezeki. Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak TNI dan para warga yang turut serta bergotong royong,” ujar Candra Yulianto dengan penuh haru.

Di saat dan tempat yang sama, Lurah Kampung Melayu, Aris Krisnu Faridi, SE ketika dijumpai menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0825/Banyuwangi atas program bedah rumah yang diberikan kepada warganya. Memang jika dilihat dari bangunan rumah sudah tidak layak, terlebih pemilih rumah keduanya merupakan warga berkebutuhan khusus yaitu disabilitas.

"Terima kasih kepada temen-temen GM FKPPI Banyuwangi secara sukarela membantu, mulai dari pengkondisian lahan dan data warga penerima bantuan. Terlebih GM FKPPI memiliki program kesosialan dan ini sangat positif," kata Aris Krisnu Faridi, Lurah Kampung Melayu.

Lanjutnya, bahwa sedangkan untuk pelaksanaan, akan dikerjakan maksimal selama 15 hari dan kami akan percepat pengerjaannya 7-10 hari sudah bisa selesai.

"Kami berharap, kegiatan ini bisa terus berkelanjutan karena sangat dibutuhkan masyarakat. Kami akan mendukung dan bekerjasama dengan semua pihak, yang penting positif," harapnya.

Ishaqul Hauri selaku Ketua RT.001 RW 001 Lingkungan Jajang Penatu, Kelurahan kampung Melayu mangatakan, Saya sangat bangga sekali karena program ini sangat membantu masyarakat kurang mampu, dan berharap program seperti ini bisa berkelanjutan dan tepat sasaran.

"Sebelumnya saya telah berkoordinasi dengan pak Lurah, ditambah dukungan dari teman-teman GM FKKPI Banyuwangi," ucap Ketua RT, Ishaqul Hauri.

Terkait pembongkaran rumah, kami bersama warga sudah berkoordinasi dan menyiapkan tempat buat tinggal sementara dan layak. 

"Saya berharap semoga kegiatan ini bisa terus berjalan dan merata untuk seluruh masyarakat," ucapnya memungkasi.

Source : hmgmfkppibwi/roy/yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 2929652548434235429

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item