Khotbah Idul Adha dan Kurban di Masjid Baitussalam, Seneporejo, Wabub Banyuwangi Sugirah : Indahnya Ikhlas dan Sabar

SABAR DAN IKHLAS : Wakil bupati [ Wabub ] Banyuwangi H. Sugirah, S. Pd, M. Si. [ image : era ]


DIPLOMASINEWS.NET - Seneporejo - Banyuwangi - Salat Idul Adha 1445 H di Masjid Baitussalam di kawasan Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi itu menjadi sangat istimewa karena salah satu jamaahnya adalah wakil bupati [ Wabub ] Banyuwangi H. Sugirah, S. Pd, M.Si.

Pagi itu,06.15 Wib, Senin, 17 Juni 2024, wakil bupati Sugirah telah menapak di serambi Masjid Baitussalam. Sekira pukul 06.30 Wib, salat Idul Qurban dua rakaat ditunaikan dan kemudian disambungrangkaikan dengan khotbah yang dikhatibi wabub Banyuwangi itu. 

KHOTBAH DAN KORBAN : Wakil bupati [ Wabub ] Banyuwangi H. Sugirah, S. Pd, M. Si. [ image : foera ]

Dalam khotbahnya di mimbar masjid Baitussalam, orang nomor dua di pemkab Banyuwangi itu berurai - urai bahwa sesungguhnyan peristiwa pemenggalan leher Ismail muda oleh ayah kandungnya sendiri yakni Nabi Ibrahim AS itu adalah message atau semata - mata perintah Allah SWT.

Apapun namanya karena perintah dari Allah SWT, lanjut khotbahnya, bahwa Nabiyullah Ibrahim tetap melakoninya dengan kepasrahan dan keikhlasan yang kaffah atau totalitas. Begitu pun dengan Ismail muda. Ia juga memiliki totalitas iman seperti ayahandanya. 

Sementara itu, ketika di - doorstop usai turun dari khotbah, Wabub Sugirah bertutur atas peristiwa true story Nabi Ibrahim AS yang tengah diuji oleh Allah SWT untuk menyembelih anak semata wayangnya, yakni Ismail yang ketika itu masih belum sebagai nabi.

Lanjutnya, di balik peristiwa Nabiyullah Ibrahim dan anaknya Ismail itu sesungguhnya merupakan pelajaran penting buat kehidupan sosia. Soal berkepedulian antar sesasa. Empati, sensitifitas personal, keluarga, masyarakat bahkan hingga di level nasional.

Masih lanjutnya, bahwa peristiwa pernyembelihan hewan kurban tersebut juga akan memberikan feedback, dampak langsung terhadap masyarakat secara luas. Misalnya, akan tumbuh kepedulian antar sesama, menumbuhkembangkan keikhlasan, pengorbanan total serta kepasrahan penuh kepada Allah SWT. Serta tidak pernah ada keraguan atas diri seseorang jika semua peristiwa itu atas perintah - Nya. 

"Kita jangan pernah ragu jika semua itu atas perintah Allah SWT," tegas orang nomor dua di pemkab Banyuwangi itu memungkasi.

Dan, usai salat Idul Adha di masjid Baitussalam di kawasan Desa Seneporejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur itu, wakil bupati Sugirah juga telah menunaikan kurban satu ekor sapi. 

Onliners : Roy/Yad/Era
Editokr : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 2175508574774665505

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item