Doa Bersama Lintas Agama di Desa Bulurejo, Kades Widarto : Berbeda itu Fitrah Manusia


DIPLOMASINEWS.NET - Bulurejo - Banyuwangi - Siang itu, tepat usai salat Jumat, 11, Agustus 2023, Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur telah menggelar doa bersama lintas agama. Acara yang dihelat di pendopo desa tersebut merupakan rangkaian dari ritual bersih desa yang puncaknya digelar besok pagi, Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Catatan media online ini di lapangan bahwa acara doa bersama lintas agama di Desa Bulurejo tersebut bisa memperkuat kesadaran betapa sangat urgent sekali soal ketenggangrasaan, ketoleransian dan saling menghargai atas perbedaan budaya serta agama. 


Dan, melalui selametan bersih desa di Desa Bulurejo tersebut ternyata ada hal yang teramat pondasi yang mesti digelar yakni doa bersama lintas agama. Atas semua itu warga desa tersebut memahami betapa pentingnya harmonisasi hidup berdampingan meski dalam beragam perbedaan. 

Sementara itu, Kepala Desa Bulurejo, Widarto, ST ketika dijumpai usai acara doa bersama lintas agama itu menuturkan bahwa secara hakiki, perbedaan itu adalah fitrah manusia. Dan, perbedaan itu mesti dipandang dan dinilai sebagai kekayaan yang harus dijaga. 



"Ada bahasa yang beragam, ada tradisi dan adat istiadat yang unik. Perbedaan harus dinilai dan dihormati sebagai bagian integral dari identitas desa," ucap Widarto. 

Lebih jauh kades Bulurejo itu mengatakan bahwa di balik acara bersih desa tersebut bisa dipetik pelajaran bahwa warga desa semakin bisa memahami perbedaan. Kemudian berlanjut menjadi semakin bisa mendekatkan diri pada keseimbangan dan kerukunan umat beragama.


Lanjutnya, tenggang rasa adalah pondasi yang kuat bagi hubungan sosial yang harmonis. Toleransi sebagai kelanjutan dari tenggang rasa serta dianggap sebagai kunjci untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang damai. 

"Doa bersama lintas agama itu mewakili keragaman dan keyakinan di desa," terangnya. 

Terangnya lagi bahwa acara itu muncul suasana yang khidmat. Serta pemimpin agama dari berbagai kepercayaan berbagi doa-doa yang sanggup menggugah hati dan merangkul semua.

"Semua bisa terangkul," ucap orang nomor satu di desa itu mengakhiri. 

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 3133639868890193944

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item