Sambut MMD Unibraw Malang di Desa Tamanagung, Pj Kades Sugiono : Lanjutkan, Mahasiswa adalah Agen Perubahan


AGENT OF CHANGE : Para mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ketika 'kulo nuwun' di pendopo Desa Tamanagung, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : budibronks ]

DIPLOMASINEWS. NET - Tamanagung - Banyuwangi - Sekira pukul 19.00 Wib, Kamis, 05 Juli 2023, di pendopo Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur itu telah menggelar acara penyambutan atas mahasiswa masuk desa [ MMD ] dari Universitas Brawijaya [ Unibraw ] Malang. 

Catatan media online ini di tempat acara bahwa kegiatan tersebut diawali dengan self introduction atau perkenalan diri masing - masing mahasiswa di depan undangan yang hadir. Yakni [ Pj ] Kepala Desa Tamanagung, Ir. Sugiono, BPD berseta perangkat desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, unsur  kesehatan dan pertanian.

Ketika Pj kepala desa Tamanagung, Ir. Sugiono berurai di depan para mahasiswa. [ image : budibronks ]

Sementara itu, Pj kades Tamanagung, Ir. Sugiono dalam sambutannya di depan para mahasiswa  berurai - urai bahwa agar mereka bisa memaksimalkan seluruh potensi dalam program MMD tersebut serta mengembangkan skill demi persaingan di bursa tenaga kerja nanti. 

Lanjutnya, mahasiswa harus memosisikan diri sebagai agent of change atau agen perubahan di masyarakat melalui  pendekatan parsitipatif. Yakni belajar dan sekaligus bekerja bersama dengan masyarakat untuk melakukan transformasi sosial. Memfungsikan diri sebagai fasilitator atau memfasilitasi pertemuan, sebagai katalisator atau sumber - sumber ide perubahan serta sekaligus mahasiswa itu sebagai dinamisator alias penggerak di masyarakat dan sanggup menjawab problomatika sosial keagamaan dengan analisa yang kritis dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.

Masih lanjutnya, akhirnya masyarakat bisa memiliki kesadaran serta kemandirian kemudian bisa memecahkan persoalan mereka. 

"Mahasiswa harus bisa  menjadi agent of change," ucapnya mengakhiri. 

Contributor : Budi Bronks
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 6141218020047344478

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item