Replika 'Kebo' Jelang Tradisi Ritual 'Keboan' di Desa Aliyan

REPLIKA 'KEBO' : Perancang replika 'Kerbau', Anshori demi menyambut ritual tradisi 'Keboan' di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Aliyan - Banyuwangi - Sudah menjadi kelaziman ketika menjelang digelar tradisi ritual Keboan di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur itu, sejumlah warga desa tersebut membuat replika atau patung kerbau yang akan menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi ritual Keboan yang akan digelar pada Minggu, 23 Juli 2023, pagi nanti. 

Sementara itu, salah satu pembuat replika Kebo yaitu Anshori ketika ditemui di depan rumahnya, Jumat, 21 Juli 2023 mengatakan bahwa bersama puluhan konco - konco - nya itu telah membuat replika seekor kerbau yang akan diarak di sepanjang jalan hingga di sudut - sudut desa saat gelaran ritual tradisi Keboan digelar nanti. 

Lanjut Anshori, patung kerbau yang kini tengah dalam penyempurnaan itu telah merogoh kocek hingga Rp. 2 juta lebih. Dan, patung kerbau yang berwarana kelam itu digarap selama hampir satu bulan. 

"Kami harus merogoh dompet sebesar dua jutaan rupiah," ujarnya.

Masih lanjut Anshori bahwa kenapa dia bersama konco - konco nya itu bersemangat membuat replika seekor kerbau yang harus merogoh uang saku yang tidak sedikit itu? Jawabnya, bahwa ketika di desanya sedang punya gawe besar ritual Keboan itu merupakan bentuk nyata keterpanggilan atas empati serta rasa memiliki desa yang selama ini dijadikan tempat hidup dan kehidupannya. 

"Kami adalah bagian yang tak terpisahkan dari desa itu. Makanya kami semangat," ucapnya bangga. 

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 5707646567796945647

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item