Gelar 'Bersih Desa' di Desa Tegaldlimo, Kades Gepeng : 'Uri - Uri' Tradisi Ciptakan Damai

GUNUNGAN : Kepala Desa Tegaldlimo, 'Gepeng' Hariyanto, SE ketika menyimbolisasikan serah terima 'Gunungan' bersama Dalang Ki Rudi Gareng pada gelaran Bersih Desa di pendopo desa. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Tegaldlimo - Banyuwangi - 
Setiap kali memasuki bulan Suro atau Muharram, momentum itu digunamanfaatkan oleh pemerintah desa [ pemdes ] Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur untuk menggelar ritual Bersih Desa. Akhirnya, pada Senin, 24 Juli 2023, acara ritual itu pun digelar di pendopo desa.

Catatan media online ini gelaran Bersih Desa itu mengundanghadirkan forpimka se - kecamatan, para kepala desa se - kecamatan, para anggota DPRD Banyuwangi, tokoh masyarakat, tokoh agama serta ribuan warga Tegaldlimo yang meruah  demi mangayu bagyo desa mereka yang tengah menggelar tradisi ruwat desa itu. 

Masih catatan media online ini bahwa helatan Bersih Desa di pendopo desa Tegaldlimo itu dihibur dengan menyajitampikan seni wayang purwo bersama Dalang Ki Rudi Gareng dari Blitar. Tak hanya itu penyanyi cilik Niken Salindry dan komedian Cak Percil Cs juga ikut memeriahkan panggung gelaran wayang kulit itu. 

TOLERANSI : Kepala Desa Tegaldlimo, 'Gepeng' Hariyanto, SE berucap bahwa gelaran adat Bersih Desa itu telah menumbuhkan ketoleransian tinggi. [ image : roy ]

Sementara itu, Kepala Desa Tegaldlimo, Hariyanto, SE ketika ditemui di sela - sela acara   mengatakan bahwa gelaran bersih desa yang dihelat setahun sekali saat datangnya bulan Suro itu sesungguhnya di samping sebagai sarana hiburan rakyat tapi lebih meluas lagi sebagai bentuk nyata kebersamaan, kebersatuan, sebagai wadah toleransi antar warga yang bhineka itu kemudian menjadi wungkul, utuh dan nyawiji antara pemimpin dengan yang dipimpin. 

Lanjut kades Tegaldlimo itu bahwa gelaran 'Bersih Desa' yang dihelat di pendopo desanya itu benar - benar bentuk nyata atas toleransi antar kelompok di desanya. Ada FKUB, Banser, dan Pecalang yang bekerja sama bahu membahu, rukun, damai dalam membangun dan memprogresivitaskan desa. 

"Mereka [ para kelompok ] itu telah bersinergi dalam berapa saja termasuk di acara 'Bersih Desa' kali ini, " ucap orang nomor satu di Desa Tegaldlimo itu mengakhiri. 

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 3790776610619808103

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item