Bantuan Program 'Kanggo Riko' di Desa Sempu, Kades Nanang : Mandiri Itu Berdiri di Atas Kaki Sendiri

KULKAS 'KANGGO RIKO' : Salah satu penerima bantuan program 'Kanggo Riko' di Desa Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer ]

DIPLOMASINEWS.NET - Sempu - Banyuwangi - Pagi itu, Selasa, 27 Juni 2023, bertempat di pendopo Desa Sempu, Kecamatan Sempu, Banyuwangi, Jawa Timur telah digelar acara penyerahan bantuan program Kanggo Riko

Footnotes atau catatan kaki yang dicatatat media online ini di pendopo desa tersebut bahwa 'Kanggo Riko' adalah sebuah program inovatif yang diluncurkan pemerintah kabupaten [ pemkab ] Banyuwangi untuk menanggulangi kemiskinan bagi Rumah Tangga Miskin [ RTM ].

Masih catatan media online ini bahwa program tersebut terfokuskan untuk memberdayakan ribuan warga miskin di perdesaan agar mandiri secara ekonomi. Tak hanya itu, agar ribuan masyarakat kurang mampu itu bisa menggeliat sekaligus meningkat usaha ekonomi mereka.

BY NAME, BY ADDRESS  : Kepala Desa Sempu, Nanang Susanto berucap bahwa bantuan program 'Kanggo Riko' mesti tepat sasaran. [ image : roy enhaer ]

Sedangkan besaran nominal yang disalurkan ke ribuan rumah tangga miskin [ RTM ] itu senilai 
Rp 2,5 juta setiap penerima yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha mereka.

Sementara itu, Kepala Desa Sempu, Nanang Santoso ketika di - confirm usai acara mengatakan bahwa program Kanggo Riko yang kini digelar di pendopo desanya itu diharapkan bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat penerima utamanya kemandirian usaha yang pada ujungnya akan benar - benar sanggup berdiri di atas kaki sendiri dalam konteks ke - ajeg - an dan keberlanjutan kegiatan usaha mereka. 

Lanjut Nanang bahwa sebanyak 16 warga desanya yang menerima bantuan program Kanggo Riko tersebut sangat bervariatif bidang usaha yang digelutinya. Mulai dari usaha pembuatan kerupuk kromoleo, penjual bakso, usaha tambal ban, penjahit hingga jasa pemasangan internet yang mendapatkan bantuan alat bor listrik serta tangga lipat untuk memanjat. 

Masih lanjut Nanang bahwa bantuan program Kanggo Riko yang kini benar - benar terealisasi dan diterima oleh warganya itu anggarannya di - split - kan dari Anggaran Dana Desa [ ADD ] sesuai dengan kebutuhan bidang usaha mereka serta dipastikan tepat sasaran. 

"Dipastikan untuk tepat sasaran," tegas orang nomor satu di Desa Sempu itu mengakhiri. 

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly 

Related

Cover Story 990563859345384314

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item