Proyek 'Pelengsengan', Aduk 'Luluh' Gunakan Tangan

TANPA MOLEN : Proyek jaringan irigasi tersier di Desa Banyuanyar, Kalibaru, Jawa Timur yang digarap tanpa gunakan alat 'molen'. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Kalibaru - Banyuwangi -Sudah menjadi 'tradisi' rutin dari tahun ke tahun ketika ada kegiatan proyek infrastruktur di negeri ini seringkali digarap dengan modus amatiran. Termasuk proyek infrastruktur yang berada di kawasan Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

Catatan dan hasil potret media online ini, Kamis, 22 Juni 2023, bahwa bangunan fisik jaringan irigasi tersier di kawasan Desa Banyuanyar, Kalibaru, Banyuwangi itu telah mengabaikan 'aturan main' dalam pengerjaannya. Salah satu yang 'dilanggar' adalah tanpa menggunakan alat molen' saat mengaduk campuran luluh - nya. Hanya mengandalkan tenaga manual saja.

SUMBER REZKY : Proyek irigasi yang dikontraktualkan. [ image : roy ]

Hasil gambar yang dipotret media online ini di lokasi menunjukkan bahwa proyek fisik jaringan irigasi yang diongkosi dari duit APBD tahun anggaran 2023 senilai Rp.139.015.500 serta yang dikontraktuali CV. Sumber Rezky dari Banyuwangi itu benar - benar hanya mengandalkan tenaga manual saja dalam mencampur adonan luluh - nya. 

Sementara itu, ketika pihak yang terkait untuk dikonfirmasi atas proyek tersebut tak satu pun nara sumber yang bisa ditemui. Tapi hanya para pekerja saja yang tidak berkewenangan menjelaskannya. Bahkan pihak kontraktual pun ketika itu tidak sedang berada di lokasi proyek.

"Saya nggak tahu. Saya hanya pekerja saja di sini," ucap salah satu pekerja.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Banyuanyar H. Supardi ketika di - confirm terkait proyek jaringan irigasi di wilayah desanya itu berucap bahwa proyek irigasi tersebut milik daerah dan telah dikontraktualkan.

"Itu [ proyek irgasi ] milik daerah dan dikontraktualkan," terang kades Banyuanyar itu mengakhiri.

Onliners : Roy/Kun/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 5702371174491101809

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item