Ketika LDII Berkurban di Idul Adha : Berkurban Itu Soal Iman

BUKIT DAGING KURBAN : Tumpukan daging hewan kurban sebelum didistribusikan kepada yang berhak menerima. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Jajag - Banyuwangi - Perayaan Idul Adha 1444 H tahun ini menjadi kebersyukuran Lembaga Dakwah Islam Indonesia [ LDII ] di Dusun Krajan, Desa Jajag, Banyuwangi, Jawa Timur itu atas kegiatan penyembelihan hewan kurban. Pasalnya, dalam konteks jumlah hewan yang dikurbankan semakin bertambah yakni 22 ekor sapi dan 19 ekor kambing. 

IKHLAS : Mereka yang bekerja di balik penyembelihan hewan kurban. [ image : roy ]

Catatan media online ini di lokasi, Kamis, 29 Juni 2023, bahwa jumlah hewan kurban sebanyak itu hanya di level dusun saja. Meski kegiatan kurban itu di strata dusun tapi daging hewan kurban tersebut akan didistribusikan hingga menjangkau kawasan di luar dusun. 

Kenapa hanya di tingkat dusun saja bisa teradakan hewan kurban sebanyak itu? Ketika data itu ditelusur ternyata di kawasan dusun tersebut warganya benar - benar mempraktikkan 'sadar berkurban' ketika sejak usia dini. Sejak usia kecil mereka telah teredukasi tentang cara gemar menabung demi ibadah kurban untuk dipersiapkan ketika datangnya Idul Adha seperti hari - hari sekarang ini. 

LAYAK KONSUMSI : Dodik, dari pihak kesehatan hewan berucap bahwa daging kurban itu telah aman, sehat dan layak konsumsi. [ image : roy ]

Sementara itu, beberapa  panitia kurban Idul Adha yakni Eko Cahyono, Irfan Sultoni dan Kasidi itu saat ditemui di sela - sela kegiatan berkurban mengatakan bahwa warga di dusun tersebut benar - benar memiliki dan paham benar atas nilai - nilai kebaikan ketika kurban itu nyata - nyata dilaksanakan. 

Menurut Eko bahwa apa yang sesungguhnya warga lakukan pada setiap Idul Adha itu dengan melaksanakan penyembelihan hewan kurban adalah masalah iman dan iman seseorang.

"Insya Allah, yang mendorong seseorang itu untuk berkurban pada Idul Adha seperti sekarang ini hanyalah soal iman," ucap Eko. 

Ucapnya lagi, pihaknya berharap bahwa penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha kali ini bisa menjadi pemicu semangat warga untuk menjadi lebih baik dan terjaga iman, barokah, diridohi Allah SWT serta akan semakin lebih meningkat jumlah hewan kurban yang dikurbankan pada Idul Adha berikutnya. 

"Jaga semangat berkorban dan selalu memelihara iman," harap Eko mengakhiri. 

Masih di tempat dan saat yang sama, pihak dinas kesehatan hewan, Dodik ketika di - confirm terkait pemotongan hewaan kurban pada Idul Adha tahun ini mengatakan bahwa seluruh hewan kurban yang dipotong telah layak konsumsi dagingnya ketika diperiksa kualitasnya. 

"Semua hewan yang telah dipotong itu kesehatan dan kualitas dagingnya aman. Layak untuk dikonsumsi," terang Dodik memungkasi.

Onliners : Roy/Yad/Hen
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item