Gerakan 'Gambiran Gembira', Gerakan Nyata Peduli Sesama

GAMBIRAN GEMBIRA : Program inovatif yang peduli pada sesama. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Gambiran - Banyuwangi - Benar - benar program inovatif. Yakni program
Gambiran Gembira. Program tersebut adalah suatu inovasi di bidang kesejahteraan sosial yang mengoptimalisasikan peran Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Kecamatan Gambiran dalam upaya nyata turut serta menyelesaikan permasalahan sosial kemasyarakatan yang terjadi di wilayah Kecamatan Gambiran.

Catatan yang dihimpun media online ini, Senin, 11 April 2022, bahwa gerakan Gambiran Gembira  memanfaatkan kepedulian Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Kecamatan Gambiran dalam menyisihkan sebagaian penghasilannya secara rutin yaitu pada saat penerimaan Tambahan Penghasilan ( TPP ) yang dicairkan setiap bulan. 

Sementara itu, staf Kecamatan Gambiran, Ali Mahpur ketika di - confirm di ruang kerjanya, Senin, 11 April 2022 menuturkan bahwa gerakan Gambiran Gembira itu  beranggotakan seluruh Aparatur Sipil Negara ( ASN ) di lingkungan satu atap Kecamatan Gambiran yaitu karyawan dan karyawati, koordinator Penyuluh Keluarga Berencana ( PLKB ) beserta stafnya, Mantri Peternakan, Mantri Pertanian, Koordinator Penyuluh Lapang Pertanian [ PPL ] dan anggotanya, koordinator Program Keluarga Harapan [ PKH ], koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial, Satuan Kerja Wilayah Pendidikan [ Satkerwildik ], Komado Rayon Militer [ Koramil ], Kepolisian Sektor Gambiran serta desa se - wilayah Kecamatan Gambiran.

"Dana yang terkumpul kemudian diakumulasikan kepada bendahara untuk dibukukan," terang Ali. 

Terangnya lagi bahwa 
seksi informasi dan validasi data bertugas untuk melakukan validasi terhadap data sasaran penerima manfaat atau bantuan yang akan disalurkan.

Sedangkan penentuan sasaran, kata Ali, dilakukan berdasarkan kriteria – kriteria kelayakan yang sebelumnya sudah didiskusikan oleh tim Gambiran Gembira yang menentukan skala prioritas.

Lanjut Ali, jumlah penerima manfaat menyesuaikan dengan jumlah dana yang terkumpul. Sedangkan akomodasi, transportasi dan segala macam kebutuhan operasional Gambiran Gembira bersifat sukarela dari masing – masing anggota sehingga dana yang terkumpul benar – benar disalurkan maksimal kepada warga penerima manfaat. 

Tak hanya itu, kata Ali bahwa dana tersebut disalurkan setiap ada kebutuhan dari warga yang kurang mampu, balita terindikasi  kurang gizi atau stunting, ibu hamil kekurangan energi kronis ( KEK ) yang berekonomi tidak mampu, memberikan santunan kepada lansia sebatangkara, lansia miskin, warga miskin, serta peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Dana yang terkumpul benar – benar disalurkan maksimal kepada warga penerima manfaat,"ucapnya serius. 

Ucapnya lagi, bahwa tujuan dari inovasi Gambiran Gembira tersebut adalah untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan permasalahan kemasyarakatan atau  sosial yang meliputi masalah kemiskinan, kesehatan dan pendidikan. 

Pasalnya, lanjut Ali, dana dan kapasitas yang tersedia dari anggaran pemerintah masih kurang dan perlu adanya kepedulian dari masyarakat terutama Aparatur Sipil Negara ( ASN ) yang memiliki gaji dan tunjangan lain untuk berbagi kepada warga miskin. 

Sedangkan inovasi 
Gambiran Gembira, ucap Ali, diharapkan mampu  mengembalikan keberfungsian setiap individu, kelompok dan masyarakat dalam menjalani kehidupan. Yakni dengan mengurangi tekanan dan goncangan yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial serta membantu percepatan penanganan permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada di wilayah Kecamatan Gambiran.

"Salah satunya untuk mendukung program bupati Banyuwangi dalam mengetaskan kemiskinan, mengatasi stunting dan menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial," terang Ali memungkasi. 

Onliners : Roy/Kun/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 8958023441501078489

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item