Polresta Banyuwangi Gelar Apel Kasat Kamling, Kapolresta Deddy : Satkamling Sebagai 'Early Warning'


DIPLOMASINEWS.NET - Banyuwangi - Tepat pada Rabu, 21 Juni 2023, di halaman Polresta Banyuwangi telah digelar apel kepala satuan keamanan lingkungan [ Kasat Kamling ] se - Banyuwangi. 

Catatan media online ini di lapangan bahwa apel kasat kamling itu dipimpin langsung Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Deddy Foury Millewa. Saat itu, seluruh Forum Pimpinan Daerah [ Forpimda ] Banyuwangi juga hadir. 

Dan, pada gelar apel kasat kamling itu Kapolresta Banyuwangi berurai - urai bahwa apel tersebut merupakan salah satu upaya pihak kepolisian republik Indonesia untuk mempercepat upaya revitalisasi satkamling.

Urai kapolresta, semoga kegiatan itu dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Lanjut kapolresta bahwa pihaknya terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa. sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.



Masih lanjut kapolresta Deddy bahwa ikhwal tersebut sejalan dengan program transformasi menuju Polri yang presisi. Tepatnya pada kebijakan transformasi operasional program ke - 5 dan kegiatan ke - 21. Yakni  peningkatan peran aktif 'pamswakarsa' di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa. 

Lebih jauh kapolresta Deddy menyebutkan bahwa salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau Satkamling. Dan, kehadiran satkamling itu sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang telah diatur dalam pasal 3 ayat [ 1 ] huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri.

"Hal itu telah diatur dalam pasal 3 ayat [ 1 ] huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri," jelas kapolresta Banyuwangi itu.

Jelasnya, dalam undang - undang tersebut juga menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, serta bentuk - bentuk pengamanan swakarsa.



Jelasnya lagi bahwa Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan satkamling.

Masih jelasnya bahwa dengan hadirnya berbagai dasar hukum tersebut  diharapkan penyelenggaraan satkamling dalam menjaga keamanan dan ketertiban dapat berjalan semakin maksimal.

Tak hanya itu, jelas Kapolresta Banyuwangi bahwa satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW di setiap kelurahan dan atau desa. Karena kehadiran dan keberadaan satkamling diharapkan mampu menjadi early warning atau peringatan dini terhadap potensi kejahatan. Serta dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

"Satkamling sebagai early warning," ucap kapolresta Deddy. 

Ucapnya lagi bahwa kehadiran dan keberadaan satkamling bernilai penting. Karena awak satkamling, baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat di mana mereka berdomisili. Akhirnya masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama. 

Karenanya, ucap kapolresta bahwa solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan satkamling. Satkamling juga harus selalu bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya. 

"Akhirnya, pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal," tegasnya.

Tegasnya lagi bahwa saat  sekarang keberadaan satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas. Lebih - lebih negeri ini akan menghadapi agenda nasional yakni pemilu 2024. 

Dalam konteks di atas kapolresta Deddy berpesan agar kehadiran satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system atau suasana adem ayem di lingkungannya masing-masing. Jangan sampai terjadi perpecahan karena perbedaan pilihan. Pasalnya, persatuan dan kebersatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta dijaga bareng - bareng.

"Persatuan dan kebersatuan harus kita jaga bareng - bareng," ucap orang nomor satu di Mapolresta Banyuwangi itu mengakhiri sambutannya.  

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 3618893988801703937

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item