'Sowan' ke Keraton Sultan Ternate, Sujianto : Sultan Sudah Siapkan Baju Kehormatan untuk Prabowo



DIPLOMASINEWS.NET - Ternate - Tepatnya, 06 Juni 2023, sosok ajudan ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yakni Sujianto telah menyempatkan waktunya 'sowan' ke kesultanan Ternate dan diterima langsung oleh Sultan Hidayatullah Syah.

Bagi Sujianto, acara silaturahmi ke sultan Ternate itu merupakan yang kali keduanya, yakni pertama pada 18 Agustus 2022 lalu.

Ketika media online ini me - ricek Sujianto atas acara 'sowan' ke kesultanan Ternate, pihaknya mendengar aspirasi masyarakat kota Ternate berkeinginan agar Sultan Ternate bersedia mencalonkannya sebagai anggota DPR RI melalui gerbong Partai Gerindra.

Lanjut Sujianto, namun dari pihak sultan sendiri ketika 2022 lalu itu sepertinya belum memungkinkan. Tapi justru pihak kesultanan berkeinginan maju ke DPD Provinsi Maluku Utara.

Masih lanjut Sujianto, bahwa kini pihak kesultanan justru kepingin ketua umum Gerindra Prabowo Subianto sekaligus kandidat presiden 2024 itu untuk berkunjung ke kesultanan Ternate yang dulu sempat tertunda. 

"Bahkan Sang Sultan telah menyiapkan baju adat kehormatan untuk Bapak Prabowo, kok," ucap Sujianto.

Masih ucap Sujianto, bahwa pada kesempatan sowan kali ini, pihaknya menyampaikan kepada sultan agar mendukung penuh kelestarian kesultanan Ternate sebagai cagar budaya. Serta sebagai kekayaan budaya yang harus di jaga dan di lestarikan menjadi obyek

wisata. Juga sebagai bukti sejarah bahwa kesultanan Ternate ikut andil besar dalam mengusir penjajah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Kesultanan Ternate sangat berjasa ikut andil dalam usir penjajah," ucapnya.

Lebih jauh Sujianto menuturkan selama berada di 
Kesultanan Ternate itu. Tuturnya, dia berharap kepada pihak sultan agar wilayah Maluku Utara yang wilayah tanah 'ulayat' kraton Ternate terdapat eksplorasi tambang nikel, salah satu yang terbesar se Asia Tenggara. Tapi sejauh itu tak pernah ada 'income' yang mengalir ke kesultanan Ternate.

BAJU KEHORMATAN : Baju kehormatan dari Sultan Ternate yang sudah dipersiapkan untuk ketua umum Gerindra Prabowo Subianto. [ image : sujianto ]

Lanjutnya,
kedepan Sujianto mendukung penuh serta siap membantunya. Agar pemerintah ikut andil supaya perusahaan tambang terbesar itu ada 'berkah' ke kesultanan. Tak hanya itu, pihak Sujianto juga ingin menjalin kerjasama supaya putra daerah bisa bekerja di tambang terbesar itu yang nantinya bisa untuk mengurangi bahkan meniadakan pengangguran khususnya putra daerah Maluku Utara yg wilayahnya dikeruk kandungan buminya untuk kemakmuran negara dan harus juga kemakmuran rakyat Maluku Utara serta kesultanan Ternate.

"Agar tambang nikel tersebut juga bisa memikirkan kemakmuran rakyat Maluku Utara serta kesultanan Ternate," harap Sujianto mengakhiri. 

Contributor : Zainul Arifin
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 3066028706314299296

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item