Desa Kaligondo : Batik Tradisi Berlogo 'Ikan Koi'

IKONIK : Nining Setyowati ketika berurai - urai di sela - sela kegiatan membatik di Desa Kaligondo, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy ]

DIPLOMASINEWS.NET - Kaligondo - Banyuwangi - Di tengah panas terik siang hari di halaman depan di Desa Kaligondo, para ibu PKK itu sedang berkegiatan memainkan 'canting' untuk melukisi lembaran kain putih  sebagai media batik tulis, Jumat, 16 Juni 2023.

Catatan media online ini di lapangan bahwa ibu - ibu berjumlah 30 - an orang  yang tergabung dalam kelompok PKK itu tengah serius belajar membatik dengan teknik handmade atau keterampilan tangan. 
Kegiatan tersebut telah difasilitasi pemerintah desa [ pemdes ] Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Uniknya, kegiatan batik yang dilakoni oleh kelompok PKK Desa Kaligondo itu seperti umumnya batik - batik di Banyuwangi. Tapi ada yang berbeda, yakni soal desain gambar yang dijadikan maskotnya. Maskot tersebut adalah gambar ikan koi yang dipadu dengan lukisan daun kangkung

Sementara itu, salah seorang pembatik, Nining Setyowati ketika ditemui di sela - sela kegiatan menuturkan bahwa sesungguhnya kegiatan keterampilan membatik di Desa Kaligondo tersebut gagasan orisinal agar para ibu memiliki kesibukan di luar kesibukannnya sabagai ibu rumah tangga. 

Lanjut Nining bahwa kegiatan membatik tidak sekedar untuk diketahui dan dikerjakan saja tetapi jika sudah terampil dan ahli, para ibu tersebut diharapkan bisa memberdayakan diri atas pengetahuan batik itu menjadi kegiatan yang positif dan produktif. 

Lebih jauh Nining menuturkan bahwa hal itu tidak hanya berhenti sebagai hobi tetapi harus di - follow up atau ditindaklanjuti sebagai industri. 

"Minimal sebagai home industri," harap Nining. 

Ketika disinggung soal kenapa motif batik di Desa Kaligondo itu bergambar ikan koi yang dipadu dengan motif dedaunan kangkung? 

Pasalnya, jawab Nining bahwa gambar ikan koi yang kini dijadikan desain andalan dalam motif batiknya karena sesuai dengan motto desa tersebut. Yakni Kaligondo Hoki yang bermakna Kaligondo Hortikultura dan Ikan Koi

Jawabnya lagi bahwa ketika suatu saat nanti batik produk yang bergambar ikan koi dan daun kangkung tersebut beredar di pasaran, pasti para penikmat batik akan tertuju imaginasinya ke Desa Kaligondo. 

Tak hanya itu, lanjutnya, pada akhirnya nanti batik ikan koi produk Desa Kaligondo itu akan dipajangkenalkan melalui even bazar di mana pun itu berada. 

"Semoga batik ikan koi produk Desa Kaligondo itu bisa menembus pasar dan digemari para pecinta batik," ucap wanita yang juga istri sekdes Kaligondo itu mengakhiri. 

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 6321377055276740578

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item