Halal Bi Halal di Desa Tamanagung, Kades Sugiono : Meski Sederhana tapi Bermakna

SILATURAHMI : Ketika ustadz KH. Nurhadi berurai - urai bertausyiah di gelaran halal bi halal di pendopo Desa Tamanagung, Banyuwangi. [ image : budi bronk ]

DIPLOMASINEWS.NET - Tamanagung - Banyuwangi - Tepat pukul 10.00 Wib, Selasa, 16 Mei 2023, gelaran Halal Bi Halal 1444 H / 2023 M itu telah dihelat di pendopo Desa Tamanagung, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. 

Catatan media online ini di tempat helatan bahwa acara religi yang telah men -  tradisi ketika usai Idul Fitri itu dihadiri segenap perangkat desa. Mulai dari kepala desa, babinsa, bhabinkamtibmas, kepala dusun, seluruh RT - RW, emak - emak PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan warga yang tumplek blek menghadirinya.

SALAM BI SALAM : Beramah tamah usai gelaran Halal Bi Halal di pendopo Desa Tamanagung, Banyuwangi. [ image : roy enhaer ]

Tak hanya itu, acara religi di pendopo Desa Tamanagung itu juga mengundanghadirkan 'bintang tamu' ustadz KH. Nurhadi dari Desa Plampangrejo yang mentausyiahi seputar makna halal bi halal. 

Dalam tausyiahnya, ustadz Nurhadi itu menuturkan bahwa jika ingin hidup dan kehidupan itu tentram, adem - ayem, perbanyaklah silaturahmi antar sesama. Yakni hablu minannas.

Tuturnya, bahwa di sisi lain, hablu minallah atau hubungan langsung kepada Allah SWT itu akan menjadi sempurna jika disempurnakan dengan hablu minannas atau berinteraksi dan peduli dengan sesama manusia. 

Seperti ibadah wajib puasa, lanjut ustadz bahwa ketika menunaikan puasa ramadan sak ulan mbetetet itu urusannya soal hablu minallah. Kemudian tuntas ditutup dengan Idul Fitri dan dilanjutkan dengan membayar zakat. Dan, kewajiban berzakat kepada yang tak berpunya itulah yang disebut dengan hablu minannas atau urusan kemanusiaan. 

"Semua akan sempurna jika urusan ke Gusti Allah dengan ke sesama manusia itu seimbang," tuturnya mengakhiri. 

Di saat dan di tempat yang sama, [ Pj ] Kepala Desa Tamanagung, Ir. Sugiono ketika dijumpai usai acara mengatakan bahwa gelaran halal bi halal yang dihelat di pendopo desanya pagi itu benar - benar berlangsung bersahaja. Benar - benar sederhana adanya. 

"Yang utama substansinya. Meski sederhana tapi bermakna," ucapnya memungkasi. 

Onliners : Roy/Budi
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 9104655069607451925

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item