Kepala Desa Tegaldlimo, Gepeng Harianto, SE, Ikut Mengawal Pawai Ogoh-ogoh


DIPLOMASINEWS.NET - Banyuwangi - Pawai ogoh-ogoh menyambut perayaan Hari Raya Nyepi kembali digelar di Dusun Sumbermulyo Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 
Kegiatan ini sempat ditiadakan selama tiga tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Sejumlah warga Dusun Sumbermulyo Desa Tegaldlimo sudah mulai mempersiapkan diri menyambut pawai ogoh-ogoh itu. Bahkan ada warga yang sudah membuat ogoh-ogoh sejak tiga bulan lalu. 

"Memang dimulai jauh-jauh hari, karena pengerjaannya tidak setiap hari. Proses pembuatan ogoh-ogoh, biasanya dilakukan setelah bekerja atau saat ada waktu luang oleh lapisan masyarakat yang berpartisipasi, baik yang beragama Hindu, Islam, Kristen. Utamanya umat Hindu yang ada di lingkungan Pura Sila Giri Dusun Sumbermulyo Desa Tegaldlimo," ujar Kepala Desa Tegaldlimo, Gepeng Harianto, SE, saat dikonfirmasi, Selasa (21/3/2023). 

Gepeng Harianto, SE. menjelaskan. Ogoh-ogoh itu tak hanya dibuat oleh warga beragama Hindu, tetapi juga warga beragama Islam dan Kristen, keterlibatan warga pemeluk agama lain dalam memeriahkan pawai ogoh-ogoh itu bukan hal baru. Selama ini, warga Desa Tegaldlimo memang dikenal memiliki toleransi tinggi antarumat beragama. Bahkan, rumah ibadah seperti masjid, gereja, dan pura, lokasinya berdekatan. 

"Tahun ini ogoh-ogoh ada banyak. Tidak hanya umat Hindu, tapi juga umat Islam dan Kristen berkeinginan untuk turut berpartisipasi, dalam rangka membina kerukunan antar umat beragama," tutur Gepeng Hariyanto.

Dalam kesempatan tersebut Danramil 0825/09 Tegaldlimo Kapten Inf Lukman Hartadi, juga menyampaikan Selamat Menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1945 kepada seluruh umat Hindu dan kami Danramil 0825/09 Tegaldlimo siap mengamankan.

"Kami sangat berharap agar rangkaian Hari Raya Nyepi, mulai dari pawai ogoh-ogoh hingga perayaan Nyepi dapat berlangsung dengan tertib, aman, lancar dan kondusif, serta jadikan Nyepi ini sebagai spirit dan motivasi dalam menjaga persatuan dan kesatuan," tegas orang nomor satu di Makoramil Tegaldlimo itu. [ Bgn 
/ Kun ].

Related

Cover Story 8590075127678059176

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item