Dies Natalis SMPN 2 Gambiran, Kasek Sapto : Kurikulum Merdeka Bisa Gali Talenta Siswa

SISWA MERDEKA : Kasek SMP Negeri 2 Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timut, Sapto Orbayani, M. Pd berucap bahwa gelaran 'Dies Natalis' bisa menjadi ajang gali talenta siswa. [ image : roy enhaer ]

DIPLOMASINEWS.NET - GAMBIRAN - BANYUWANGI - Sejak pagi hingga sore hari, Minggu, 29 Januari 2023, di halaman Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 [ SMPN 2 ] Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur itu telah digelar acara Dies Natalis ke - 38 serta Liga Maping ke - 14 yaitu Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Seni. Tak hanya itu pihak sekolah juga menggelar pameran bertajuk Papenza atau Pameran Pagelaran Seni dan Bazar.

Catatan media online ini di tempat acara bahwa kegiatan seperti Liga Mapin tersebut juga mengundanghadirkan peserta dari level sekolah dasar [ SD ] se - kecamatan Gambiran sebanyak kurang lebih 241 peserta. 

TARI 'MERDEKA' : Salah satu tampilan tari dari para siswa dalam gelaran 'Dies Natalis' di SMP Negeri 2 Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer ]

Sementara itu kepala sekolah SMP Negeri 2 Gambiran, Sapto Orbayani, M. Pd ketika ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah gelaran 'dies natalis' yag dikemas dengan even Liga Mapin yakni Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Seni serta dipadukan dengan helatan  Papenza atau Pameran Pagelaran Seni dan Bazar.

Lanjutnya, gelaran yang dihelat di halaman sekolah tersebut juga mengundanghadirkan peserta dari level sekolah dasar [ SD ] se - kecamatan Gambiran sebanyak kurang lebih 241 peserta. 

"Dari sisi jumlah peserta telah memenuhi target," terangnya.

Masih lanjutnya bahwa dalam Dies Natalis tersebut diharapkan agar para siswa yang ikut berlomba di dalamnya bisa tergali kemudian muncul potensi serta talenta.

" Di ajang Liga Mapin tersebut akan tergali potensi serta talenta para siswa baik akademik maupun non akademik"

Kemudian, kasek SMP Negeri 2 Gambiran tersebut juga berucap bahwa kegiatan yang digelar di halaman sekolah tersebut jika dikontekstualkan dengan kurikulum merdeka akan include karena di sekolah itu terdapat materinya yakni Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5. 

Menurutnya bahwa hal itu merupakan proyek lintas disiplin ilmu yang kontekstual dan berbasis pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan.

"Para siswa bebas merdeka dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam diri mereka masing - masing," terang kasek SMPN 2 itu.

Masih lanjutnya, bahwa pesan dan harapan di balik kegiatan tersebut agar bisa menjadikan 
output sekaligus outcome. Agar para siswa sekolah dasar mau bersekolah dan bagi orang tua murid bersedia nyekolahkan putra - putrinya di SMP Negeri 2 Gambiran.

"Agar para orang tua mau nyekolahkan putra putrinya di sekolah ini," harap kasek SMPN 2 itu mengakhiri.

Onliners : Roy/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 3716578432415222166

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item