Pelatihan Batik di Desa Bulurejo : Ecoprint, Teknik Batik Gunakan Warna Alami

ECOPRINT : Kades Bulurejo, Widarto ketika melihat langsung pelatihan batik ecoprint. ( image : roy) 

DIPLOMASINEWS.NET - BULUREJO - BANYUWANGI - Pagi itu, Kamis, 01 Desember 2022, tim penggerak ( TP ) PKK Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo,  Banyuwangi, Jawa Timur yang kerja bareng dengan Hj.  Yusieni anggota DPRD Banyuwangi dari bendera fraksi Demokrat tersebut telah menggelar pelatihan membatik dengan metode ecoprint di balai Dusun Bulurejo. 

Catatan media online di pelatihan batik tersebut juga ditandanghadiri oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi.

Sekadar footnotes atau catatan kaki bahwa batik ecoprint tersebut merupakan salah satu jenis batik yang ramah lingkungan serta metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar serta batang yang kemudian diletakan pada sehelai kain lalu direbus.

Sementara itu, Endang Setiawati, S.Pd, ketua tim PKK desa Bulurejo ketika ditemui media online ini di lokasi mengatakan bahwa pelatihan membatik metode ecoprint tersebut menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan sekitar sebagai sumber pola dan warna untuk memberi corak batik kepada kain untuk dijadikan busana.

Lanjutnya, ecoprint adalah teknik pemberian motif dan pewarnaan pada tekstil bahan lainnya dengan bahan alami seperti daun dan bagian tanaman lainnya yang dapat memberikan motif warna.

"Tak hanya itu, pembuatan batik juga bisa terbuat dari bahan plastik yang berbentuk gelas serta keramik," ujarnya mengakhiri.

Onliners : Roy/Kun/Yad/Jef
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 522496872634767976

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item