Kepsek SDN 6 Jajag, Sunarsih : Pramuka Ciptakan Patriotisme pada Bangsa dan Negara

SATYA DHARMA : Kepala Sekolah SDN 6 Jajag, Sunarsih ketika menggelar kegiatan perkemahan Jumat malam Sabtu. [ image : roy enhaer ]

DIPLOMASINews.Net - JAJAG - BANYUWANGI - Tepat pukul 14.00 WIB, Jumat, 23 Desember 2022, Sekolah Dasar Negeri 6 [ SDN 6 ] Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur itu tengah menggelar kegiatan 
Perkemahan Jumat Malam Sabtu [ Perjutu ] di halaman sekolah tersebut.

Catatan media online ini di lokasi kegiatan bahwa kegiatan  perkemahan Jumat malam Sabtu atau Perjutu tersebut akan digelar selama sehari. Dan, kegiatan kepramukaan gugus depan [ Gudep ] SDN 6 Jajag yang bertema 'bersama Perjutu kita menuju pribadi yang berani, mandiri dan berbudi'. Juga, perkemahan yang diikutsertai oleh seluruh anggota pramuka penggalang kelas 4,5 dan 6 tersebut bersemboyankan satyaku kudharmakan dharmaku kubaktikan.

Sementara itu, kepala sekolah SDN 6 Jajag, ketika dijumpai media online ini berturur bahwa perkemahan Jumat malam Sabtu [ Perjutu ] tersebut diharapkan agar menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

PARA CIKAL GENERASI MANDIRI : Salah satu kegiatan 'Perjutu' SDN 6 Jajag, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer ]

Lanjutnya, agar kedepannya perjutu bisa sebagai wahana untuk mendidik siswa menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan kreativitas terutama di bidang kepramukaan sehingga terbentuk karakter generasi muda lebih disiplin dan penuh patriotisme atau cinta tanah air.

Lanjut Sunarsih bahwa secara substantif yang bisa diambil dari pelaksanaan perjutu tersebut ada beberapa tujuan, seperti meningkatkan keimanan dan ketakwaan [ Imtak ] kepada Tuhan Yang Maha Esa, memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar kepramukaan, melatih anggota untuk hidup mandiri di alam terbuka, disiplin serta menumbuhkembangkan values atau nilai -nilai karakter yang baik.

"Agar kegiatan Perjutu ini bisa menumbuhkembangkan nilai - nilai sekaligus karakter yang baik," harap Sunarsih mengakhiri.

Di saat yang sama, pembina pramuka, Mahsun Marzuki S.Pd,I ketika ditemui media online ini mengatakan bahwa kegiatan Perjutu tersebut di dalamnya akan diadakan beragam kegiatan seperti baca puisi dan menyanyi. 

"Sedangkan untuk  acara puncak akan dimeriahkan dengan api unggun dan pentas seni," jelas Marzuki. 

Masih di tempat yang sama, Kirana Pradnya Saputra, salah satu siswa kelas 6 ketika ditemui mengatakan bahwa dengan kegiatan pertuju tersebut sangat menyukai. Pasalnya,  sudah hampir tiga tahun ini tidak pernah ada kegiatan seperti ini, karena pandemi.

"Saya suka karena perjutu akan menciptakan kemandirian serta kedisiplinan," ucapnya.

Contributors : Kun/Jef/Yad
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 5885617094452318978

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item