Kades Bulurejo, Widarto : Ada 'Pelangi', Tak Perlu Urus ke Banyuwangi

ADA 'PELANGI' : Kades Bulurejo, Widarto berucap bahwa warga tak perlu jauh - jauh ke Banyuwangi dalam urus adminduk. ( image : roy ) 

DIPLOMASINEWS
NET - BULUREJO - BANYUWANGI - Pagi itu, Selasa, 06 Desember 2022, di pendopo Desa Bulurejo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur itu telah menggelar kegiatan Pelangi yakni akronim pelayanan layanan administrasi kependudukan Banyuwangi. 

Catatan media online ini di pendopo desa tersebut bahwa program Pelangi merupakan inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dispendukcapil ) Banyuwangi yang substansinya demi meningkatkan pelayanan serta mendekatkan beragam layanan kepada publik hingga ke sudut - sudut desa. 

Sekadar catatan kaki bahwa program Pelangi yang diinisiasi dispendukcapil Banyuwangi tersebut juga menerapkan aksi 'Jemput Bola' atau jembol dalam layanan adminduk.

Dan, dalam program Pelangi tersebut yang bisa dilayani adalah permohonan kartu Keluarga, KTP - el, Kartu Identitas Anak ( KIA ), akta kelahiran, akta kematian, dan serta konsultasi yang terkait dengan masalah adminduk.

Sementara itu, Kepala Desa Bulurejo, Widarto, ST, ketika ditemui media online ini di pendopo desanya mengatakan bahwa pihaknya merasa senang karena antusiasme warga sangat tinggi dalam merespons program tersebut. 

Lanjutnya, bahwa semua itu mengindikasikan atas tingginya kesadaran warga untuk mengurus adminduk tersebut dengan sangat mudah, cepat, dan sekaligus gratis.

"Kesadaran warga kami sangat tinggi dalam program Pelangi, itu," ucap Widarto.

Ucapnya lagi, bahwa program jemput bola Pelangi digelar di desa tersebut untuk memudahkan warga dalam mengurus adminduk agar tidak perlu capek - capek ke kota karena petugas Dispendukcapil yang akan keliling ke desa-desa dan standby untuk mendekatkan pelayananannya.

"Cukup ngurus di desa saja. Tak perlu pergi ke Banyuwangi," terang orang nomor satu di Desa Bulurejo itu.

Terangnya lagi, bahwa kegiatan program Pelangi yang digelar di desanya pada hari pertama itu total rekapitulasi layanan sebanyak 1.031 dengan rincian kartu keluarga ( KK ) sebanyak 348 layanan adminduk, KTA mencapai 523, KTP sebanyak 50, biodata 47, akte kelahiran 21, serta akte kematian sebanyak 43 layanan. 

"Pada hari pertama totalnya sebanyak 1.031 layanan adminduk," ungkap kades Bulurejo itu memungkasi.

Onliner : Jefri / Roy
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 841129414051326916

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item