Bedah Buku 'Exit Strategy Polemik Migran Indonesia' karya Ronny Sompie

BEDAH BUKU : Gelaran bedah buku bertitel, 'Exit Strategy Polemik Migran Indonesia' karya Irjen Pol. Purn Dr. Ronny Sompie, SH, M.H. ( courtesy : ist ) 

DIPLOMASINEWS.NET - JAKARTA - Bertempat di ruang Prof.Dr.H.Basir Barthos Gedung D Lantai 1 Universitas Borobudur Gorontalo, Selasa, 29 November 2022, sebuah buku bertitel Exit Strategy Polemik Migran Indonesia karya Irjen Pol. Purn Dr. Ronny Sompie, SH, M.H itu telah dibedah dalam webinar.

Sebuah catatan kaki bahwa sosok Dr. Ronny Frangky Sompie, SH, MH adalah seorang akademisi sekaligus praktisi dalam aspek hukum dan juga memiliki ekspektasi di bidang hukum dengan riwayat pendidikan program sarjana hingga doktoral di program studi hukum. 

Sosok tersebut adalah juga sebagai praktisi sesuai dengan pengalaman kariernya yang memiliki kredibilitas di bidang 
komunikasi publik dan keimigrasian. 

Juga, seorang tokoh Polri terkenal yang pernah menjabat sebagai Kapolda Bali dan Kepala Divisi Humas Mabes Polri.

Tak hanya itu, bahwa sejarah hidupnya sejak 10 Agustus 2015 pernah mengemban amanat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dan kini sebagai Analis Keimigrasian Ahli Utama.

Catatan media online ini bahwa dalam gelaran bedah buku tersebut juga mengundanghadirkan 
enam orang pemateri yaitu Prof. Dr. H. Faisal Santiago, SH.MH ( direktur 
Pascasarjana Universitas Borobudur ), Prof. Ir. Bambang Bernanthos, MSc ( Rektor Universitas Borobudur ), Benny Rhamdani ( Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia ), Adv. Dr. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto. SH. MH. CLA, CIL, CLI.CRA ( Presiden Kongres Advokat Indonesia ), Dr. Lucky Agung Binarto, S.H. C.N, MH ( Staf Ahli Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia Bidang Ekonomi ) serta Andry Indrady, Amd. Im, Grad. Dipl. PA, MPA, Ph. D ( Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Gorontalo ).
 
Masih catatan media online ini bahwa dalam konteks ini diketahui PT. Kaya Ilmu Bermanfaat yang didirikan atas inisiatif seorang akademisi dan praktisi muda yang juga direktur PT. Kaya Ilmu Bermanfaat, yaitu Dr.Tina Amelia, S.H., M.H.CLA yang kini berdomisili di  Legenda Wisata, Ruko Newton, Blok U1 No. 5. 

Tak hanya itu pihaknya acapkali menggelar webinar tentang hukum yang diantaranya telah menerbitkan karya tulis buku yang sudah diterbitkan jumlahnya salqh satunya adalah buku berjudul 'Exit Strategy Polemik Migran Indonesia' karya Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH.

Sementara itu, direktur PT. Kaya Ilmu Bermanfaat, Dr.Tina Amelia, S.H., M.H. CLA ketika ditemui mengatakan bahwa pembahasan dalam buku itu membedah soal peliknya masalah yang dapat menimpa para calon dan Pekerja Migran Indonesia ( PMI ) terkait maraknya dugaan modus operandi penipuan yang disinyalir mengatasnamakan jasa penyalur pekerja untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dari para calon pekerja migran di negeri ini.

Lanjutnya, bahwa masih banyak yang ditemukan keberadaan PMI yang ternyata mereka masuk melalui jalur ilegal yang tidak terdaftar sehingga hal itu akan menyusahkan mereka dalam mengurus izin tinggal dan berdampak serta dianggap sebagai 'pendatang gelap' yang setiap saat bisa terusir atau dideportasi.

"Setiao saat mereka bisa dideportasi karena dianggap pendatang gelap," tegasnya.

Tegasnya lagi bahwa dalam bedah buku tersebut bahwa korelasinya adalah penjabaran problematika atas perlindungan terhadap PMI yang diantaranya membahas tentang kebijakan dalam mempekerjakan PMI Indonesia di 3 ( tiga ) benua yakni Asia, Eropa dan Amerika. 

"Kita sedang bahas perlindungan terhadap PMI atau pekerja migran Indinesia," terangnya mengakhiri.

Di sisi lain bahwa buku karya Dr Ronny F Sompie tersebut tujuannya agar bisa mendapatkan pengalaman penting bagi para pekerja migran Indonesia yang berada di luar negeri itu dapat menempatkan diri dalam menghadapi beragam persoalan. 

Buku tersebut juga menyajikan pembahasan terkait peran serta pemerintah dalam konteks memproteksi atau melindungi para pekerja migran Indonesia masih belum maksimal serta secara khusus membahas tentang keimigrasian anara lain tentang definisi keimigrasian, fungsi keimigrasian juga  peran Direktorat Jenderal Imigrasi dalam pencegahan para pekerja migran Indonesia non prosedural sekaligus dalam penegakan hukum dan bidang keimigrasian. 

Lalu, bedah buku tersebut juga sangat berkaitan dengan upaya pencegahan para pekerja migran non prosedural yang sejatinya dapat dilakukan melalui digitalisasi basis data  serta dapat dilakukan dengan daya dukung koordinasi antarkementerian dengan lembaga terkait. 

Juga secara solutif hal itu dapat mengadopsi sejumlah kebijakan yang dibuat oleh beberapa negara di dunia yang telah dibandingkan dan dianggap cocok jika akan diterapkan di Indonesia. 

Kemudian jika ingin mendapatkan buku tersebut bisa berkunjung ke Toko Buku Gramedia Jabodetabek, Malang dan Surabaya. Atau meng - order lewat marketplace Shoppe dan 'searching' Tokopedia kemudian pesan buku tersebut.

Contributor : Hans Montolalu
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 5688795855796353469

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item