Manager PTPN XII Kebun Kalitelepak, Hastudy : Demi Masyarakat, Kami Gerak Cepat


DIPLOMASINEWS.NET - BANYUWANGI - Dampak serius dari bencana alam banjir bandang di kawasan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur pada 03 November 2022 lalu itu masih menyisakan kerusakan infrastruktur di sejumlah akses ruas jalan wilayah perkebunan nusantara ( PTPN XII ) afdeling Jatirono.

Catatan media daring ini di lapangan, Kamis, 10 November 2022 bahwa hujan deras dengan curah hujan ektrim tersebut telah menghancurkan sejumlah akses jalan utama di wilayah afdeling itu.

Masih catatan media daring ini bahwa kerusakan akibat bencana alam tersebut pihak PTPN XII telah sigap meresponnya dengan aksi nyata melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk penanggulangan  banjir.


Salah satunya adalah dengan perbaikan jalan serta membuat saluran air bahkan hingga rekayasa membuat sejumlah sudetan di sekitar jalan perkebunan agar tidak meluber masuk ke pemukiman warga.

Sementara itu, manager PTPN XII  Kebun Kalitelepak,  Hastudy Yunarko ketika di - confirm media online ini mengatakan bahwa hingga saat ini sejak dari H +1 pasca banjir bandang Kalibaru tersebut pihaknya sudah berkordinasi dengan pemerintah desa ( pemdes ) setempat untuk normalisasi sejumlah saluran yang berada di sekitar kebun dan yang terakses langsung dengan masyarakat.

Lanjut Yunarko, pihaknya sudah berjibaku mengupayakan perbaikan akses jalan serta jaringan saluran air.

"Untuk saat ini faktor cuaca yang berubah - ubah itu menjadi kendala kami," tuturnya. 

Masih tuturnya, bahwa pihaknya juga telah bermusyawarah dan hasilnya adalah melakukan perbaikan saluran drainase di sejumlah titik agar ketika debit air tinggi maka tidak langsung masuk ke pemukiman warga.


"Di sejumlah titik sudah kami lakukan perbaikan drainase," terang Yunarko.

Terangnya lagi, di samping itu pihaknya ( PTPN XII ) sudah melakukan normalisasi sejak 04 November 2022 dan hingga kini melakukan normalisasi di beberapa titik seperti di kawasan perkampungan Dusun Sidomakmur, Desa Tegalharjo, Glenmore, Banyuwangi.

Masih terangnya, bahwa pihaknya pada kali pertama ini telah melakukan normalisasi di kawasan Desa Kalibarumanis dan telah rampung pada saat itu.

Tak hanya itu, pihaknya kemudian bergeser ke kawasan Dusun Jatipasir dan Wonorejo dengan mengerjakan kurang lebih sepanjang 3 kilometer.

Lebih jauh Yunarto mengatakan bahwa dengan aksi gercep, gerak cepat yang dilakukan PTPN XII afdeling Jatirono dalam melakukan perbaikan akses jalan itu telah mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih dari masyarakat.

"Bersyukur, upaya kami telah diapresiasi masyarakat," ucapnya memungkasi.

Di tempat terpisah, salah satu warga Dusun Sidomakmur, Mustajab ketika ditemui media online ini mengatakan bahwa dirinya bersama masyarakat telah berucap terima kasih kepada pihak PTPN XII afdeling Jatirono dalam upaya perbaikan saluran di sepanjang jalan sehingga meski debit air tinggi tidak akan meluber masuk ke pemukiman.

"Meski pun hujan deras, air tetap lancar," ucap warga itu. 

Contributor : Kun
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 8275022880091534882

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item