Balai Benih Ikan ( BBI ) Genteng, Haryono : Tebar Ikan di Sungai, Alam Lestari dan Ekonomi Tergapai

SUPPORT 'BARKANLI' : Kades Cluring, Sunarto ketika menyemangati acara 'Barkanli'. ( image : roy enhaer ) 


DIPLOMASINEWS.NET - CLURING - BANYUWANGI -
Pagi itu, Rabu, 23 November 2022, tepatnya di daerah aliran sungai ( DAS ) di Dusun Trembelang, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, pihak Dinas Perikanan Banyuwangi telah menggelar acara bertajuk 'Barkanli' atau penebaran ikan sistem terkendali yang audiensinya sejumlah paramuda potensial di wilayah tersebut.

Catatan media online ini di lapangan bahwa acara 'Barkanli' yang berjalan gayeng ditingkah dengan dialog interaktif tersebut cukup membuat para audien terbekali referensi pengetahuan baru tentang berbudidaya ikan di sungai bahkan hingga soal marketing pasca panennya.

Masih catatan media online ini bahwa usai dialog interaktif bertema 'Barkanli'  tersebut akhirnya seluruh yang hadir seperti dinas perikanan, kepala desa Cluring, Sunarto serta pihak forpimka Kecamatan Cluring tersebut melakukan aksi nyata ngeculne atau menebarkan beragam jenis ikan ke dalam sungai di kawasan itu.

TEBAR IKAN DI SUNGAI, EKONOMI TERGAPAI : Haryono dari balai Benih Ikan ( BBI ) Genteng usai gelar 'Barkanli'. ( image : roy enhaer ) 

Sementara itu, pihak balai benih ikan ( BBI)  Genteng, Haryono ketika diwawancarai usai gelaran 'Barkanli' berucap bahwa dalam konteks demand atau permintaan pasar atas ikan di kabupaten Banyuwangi ini masih 'direbut' oleh produk pasar budidaya ikan dari luar kabupaten. 

"Kenapa kita belum bisa sebagai kompetitor penyedia ikan jenis budidaya sungai? Bukankah sungai - sungai di sini melimpah airnya?" tanyanya. 

SELAMAT DATANG IKAN : Usai acara 'Barkanli' kemudian tebar ikan di sungai. ( image : roy enhaer ) 

Lanjut Haryono, dari sisi positif yang tak kalah penting bahwa pembudidayaan ikan di sungai itu merupakan penunjang kelestarian lingkungan bahkan lebih jauh bisa menambah income para pembudidaya senyampang ditekuni dengan serius.

Lanjutnya, bahkan soal marketing pasca panen pun pihaknya menyarankan untuk berkolaborasi dengan pihak - pihak seperti kedai - kedai kuliner yang pasti membutuhakan ikan konsumsi dalam jumlah banyak.

"Kami selalu welcome bagi para pembudidaya jika ingin solusi bareng soal pembudidayaan ikan," harap Haryono memungkasi.

Onliners : Roy/Yad/Jef/Kun
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 1468836856789829701

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item