Siswa 'Sambat', Harga Seragam di SMPN 2 Grogol, Kediri Sangat Berat

SMP Negeri 2 Grogol - Kediri - Jawa Timur ( image : wid )

DIPLOMASINEWS.NET - KEDIRI - Bahwa antara sekolah dan seragam bagai dua sisi mata uang yang tidak bisa terpisahkan satu sama lain dan bahkan saling membutuhkan. 

Bagaimana mungkin para siswa didik di negeri ini jika tengah bersekolah tidak mengenakan pakaian seragam?

Tetapi pakaian seragam sekolah itu akan menjadi 'persolan klasik' dan 'krusial' ketika pihak komite sebagai 'tangan kanan' pihak sekolah dalam memungut biaya atas pengadaan pakaian seragam itu terlalu 'kabotan' dirasakan para siswa didik.

Catatan DIPLOMASINEWS.NET di lapangan, Rabu, 12 Oktober 2022 bahwa di lembaga persekolahan seperti 
SMPN 2 Grogol, Kabuparen Kediri, Jawa Timur itu dalam memungut biaya pakaian seragam kepada para siswa didiknya sebesar Rp.1, 2 juta tersebut mendapat 3 ( tiga ) setel seragam yang masih dalam bentuk kain mentah.

Masih catatan media daring ini bahwa besaran harga kain seragam di SMPN 2 Grogol tersebut 'beraroma' komersial karena secara umum harga kain seragam sekolah hanya kisaran antara Rp.150 hingga Rp. 200 ribu per setelnya.

Ketika media daring ini menemui salah satu siswa didiknya mengatakan bahwa biaya seragam yang besarnya mencapai jutaan rupiah tersebut harus dibayarkan kepada pihak guru.

"Padahal harga kain bahan seragam di luaran tidak semahal itu," ucap siswa didik itu berkeluh.

Bukankah poin - poin yang termaktub dalam peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pasal 181a sudah sangat jelas bahwa pendidik maupun tenaga kependidikan baik perseorangan maupun kolektif dilarang menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, seragam sekolah atau bahan pakaian seragam di lembaga persekolahan? 

Hingga berita ini di - online - kan, pihak sekolah SMP Negeri 2 Grogol, Kediri, itu belum berhasil di - confirm untuk dijadikan nara sumber.

Contributor : Sunarko
Editor : Roy Enhaer
Publisher : Oma Prilly

Related

Cover Story 2949330498742987348

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item