‘Tampo Fair 2019’, Membatikkan Tampo, Men-Tampokan Batik


'PASAR RAKYAT' TAMPO : Panggung megah itu bagian yang tak terpisahkan dari gelaran Tampo Fair 2019, yang tergelar di lapangan Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_TAMPO_BANYUWANGI_Kemeriahan gebyar Tampo Fair 2019 itu telah digelar di lapangan Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, sejak Rabu, 12 November 2019, sore. Acara ‘pasar rakyat’ yang awalnya digagas sejak 2016 oleh desa itu, kini semakin menemukan bentuk, kefungsian dan kemanfaatannya.

Sementara itu, Sugianto, ketua panitia Tampo Fair 2019, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, berucap bahwa Inti dari acara yang digelar setiap tahun sekali tersebut adalah untuk pemberdayaan dan kemandirian seluruh masyarakat di Desa Tampo.

TAMPO ADALAH BATIK : Bersama onliner DIPLOMASINEWS.NET, Sugiyanto, ketua Tampo Fair 2019, berucap bahwa ketika menyebut batik, pasti menyebut Desa Tampo. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Lanjutnya, gebyar Tampo Fair 2019 tersebut salah satunya adalah bentuk upaya menggeliatkan dan mendinamisasikan perekonomian masyarakat kecil di desa Tampo.  Tak hanya itu, masyarakat juga akan tercerahkan pola berpikirnya ketika dilibatkan di dalamnya.

Ketika ditanya kenapa dalam Tampo Fair 2019, itu, lebih didominasi komoditas produk batik yang dijajakan di lapak – lapak yang berderet-deret itu? Jawabnya, Desa Tampo itu identik dengan kerajinan industry batik.

BATIK FAIR : Di salah satu sudut di gebyar Tampo Fair 2019, Aulia, perajin batik tengah menuangkan karya batiknya. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
“Ketika orang menyebut batik, pasti ingat Desa Tampo. Batik adalah icon Desa Tampo,” ucapnya kepada DIPLOMASINEWS.NET,  ketika berwawancara di depan baliho Tampo Fair 2019, Kamis, 14 November 2019, malam.

Ucapnya lagi, dengan tergelarnya even Tampo Fair 2019 yang kali ketiga itu, utamanya, home industry perbatikan di desa tersebut akan semakin berkembang, dan tidak hanya berkutat di level ‘home’ saja, tetapi lebih bisa mendunia dan menginternasional keberadaannya.

Onliner  : oma prilly/yoyok
Editor     : roy enhaer  

Related

Cover Story 96462267300184660

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item