Sekdin PU dan Tata Ruang, Konkep, Munandar : Ketika yang Muda Belajar kepada ‘Saudara Tua’


BELAJAR DI GAZEBO : Ketika tamu dari Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, berdiskusi dan ‘belajar bareng’ di destinasi wisata Dam Koperan, Ringintelu, Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_DAM KOPERAN_BANYUWANG_Senin, 11 November 2019, Destinasi Wisata Dam Koperan, Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, telah dikunjungi rombongan tamu dari pemerintah kabupaten Konawe Kepulauan [ Konkep ], Sulawesi Tenggara.

Konawe Kepulauan yang beribukota Langara dan baru ’medeka’ pada 12 April 2013, itu, ingin belajar banyak hal kepada kabupaten-kabupaten lain di seluruh negeri ini. Kabupaten yang luasnya 1.514 kilimeter persegi dan berpedunduk 26.194 jiwa pada sensus 2010, itu, telah ber- study tiru di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sementara itu, Munandar Mucharam, ST, MSi, Sekretaris Dinas PU dan Tata Ruang, Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai diskusi di Gazebo Dam Koperan, mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur bisa belajar dan melihat langsung seluruh progresifitas pembangunan di kabupaten Banyuwangi, utamanya soal penataan dan pemanfaatan bendungan sungai yang ‘disulap’ menjadi destinasi wisata.

Lanjutnya, di Banyuwangi ternyata apa saja bisa diberdayakan menjadi sesuata yang bermanfaat. Sekadar bendungan air di Dam Koperan yang secara fisik hanya begitu saja, tapi bisa di-make up dan manajemeni menjadi tujuan wisata yang indah dan banyak dikunjungi wisatawan. 

BANYUWANGI ITU RAMAH : Sekdin PU dan Tata Ruang, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, Munandar Mucharam, ST, MSi, bersama onliner DIPLOMASINEWS.NET, berucap bahwa masyarakat Banyuwangi itu sangat apresiatif kepada tamu siapa pun yang datang berkunjung. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]    
“Bagus. Di sini masyarakatnya begitu ramah dan sangat bersahabat. Kami bisa belajar banyak dari Banyuwangi tentang banyak hal yang belum kami ketahui. Maklum, kami kan kabupaten yang baru saja lahir. Masih sangat bayi,” ucap Munandar, di Gazebo wisata Dam Koperan, Ringintelu, Banyuwangi,  kepada DIPLOMASINEWS.NET, Senin, 11 November 2019.

Masih ucapnya, pihaknya masih harus banyak belajar untuk ber-study banding kepada pihak yang wilayahnya lebih dulu maju. Ucapnya lagi, Kabupaten Konawe Kepulauan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 12 April 2013 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru.

“Kami yang masih muda ini mesti belajar banyak dari ‘saudara tua’ yang sudah lebih sukses duluan,” pungkas Munandar, sekdin PU dan Tata Ruang, Kabupaten Konawe Kepulauan, saat memungkasi interviunya bersama DIPLOMASINEWS.NET, Senin, 11 November 2019.   

Onliner : oma prilly
Editor    : roy enhaer

Related

Cover Story 7450997503673190576

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item