Kades Terpilh, Sunaryo : Tak Hanya Perubahan tapi Penyelesaian


PENYELESAIAN : Bersama onliner DIPLOMASINEWS.NET, Sunaryo, kades Kedungasri terpilih, itu, berucap bahwa dalam memimpin desanya, dia tak hanya melakukan perubahan tapi penyelesaian [ image : andri/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_KEDUNGASRI_TEGALDLIMO_BANYUWANGI_Adalah Sunaryo, kandidat incumbent Desa Kedungasri, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, berhasil ‘nglungguhi’ kursi kepala desa kali kedua pada pilkades serentak 2019, yang digelar Rabu, 9 Oktober 20, lalu.

Pada gelaran pesta politik pilkades 2019 di Banyuwangi, itu, dia harus melawan seorang rival yang bertarung memperubutkan kursi tertinggi di istana desa Kedungasri, itu. Dan, hasil akhirnya usai direkapitulasi, dia melejit mengungguli perolehan suaranya dari rival satu-satunya itu.

Alhamdulillah, pilkades di desa ini berlangsung aman dan kondusif. Pesta rakyat itu harusnya memang aman dan nyaman seperti itu,” terang Sunaryo, incumbent kepala desa Kedungasri yang berhasil memenangi pilkades kali keduanya, itu, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, di teras rumahnya, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Baginya, helatan pilkades itu sesungguhnya sebuah pencarian, dan penyaringan kualitas seorang pemimpin tingkat desa yang sanggup me-leadership – i atau memanejemeni ribuan rakyatnya atas seluruh hajat hidup agar semakin berswasembada, dan berdaya saing dalam penghidupannya.

Lanjutnya, menjadi seorang kepala desa sangat tidak gampang. Dia tidak hanya seorang pemimpin institusional sebuah desa saja, tapi dia juga sangat berperan sebagai pemimpin kultural di desanya.

“Seorang kepala desa tidak hanya sebagai ngurusi birokrasional dan prosedural saja, tapi juga seorang pemimpin kultural,” urai Sunaryo, kepala desa baru Kedungasri, yang secara de facto telah terpilih lagi pada pilkades, kemarin.        

Ketika ditanya apa konsep ke depan setelah dirinya memenangi kali kedua pada pilkades 2019 di Desa Kedungasri, tersebut. Jawabnya, bahwa dirinya akan melanjutkan dan sekaligus menyempurnakan pekerjaan – pekerjaan yang sudah dilakoninya pada periode lalu. Masih katanya, selama dirinya menduduki kursi desa di desanya itu, mengaku telah banyak menancapkan pondasi awal untuk kemudian diakselerasikan atau dilanjutkan dengan secepat dan setepat mungkin. Dan, semua itu demi seluruh warga masyarakat Desa Kedungasri.

“Doakan, kami mampu selesaikan dan lanjutkan pondasi-pondasi pekerjaan di desa ini. Kami tak hanya sekadar perubahan tapi juga penyelesaian,” pungkas Sunaryo, ketika memungkasinya wawancaranya bersama DIPLOMASINEWS.NET, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Onliner  : andri pras
Editor     : roy enhaer    

Related

Cover Story 7681902590438343217

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item