Kades Plalangan, Sofyan : Tegakkan Demokrasi Robohkan Tembok ‘Dinasti’


CONGRATULATION ‘PAK TINGGI’ : Ucapan selamat atas terlantiknya kepala desa Plalangan, Sofyan Zulkarnain Malik, tersebut,
mengalir di kediamannya. [ image : roy enhaer ]
DIPLOMASINEWS.NET_PLALANGAN_JEMBER_Sofyan Zulkarnain Malik,  adalah kepala desa ‘anyar’ Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Jember, Jawa Timur, itu telah dilantik sebagai kepala desa terpilih.
Ketika pesta pilkades digelar di Desa Plalangan, beberapa bulan lalu, dia berhasil menyisihkan empat kandidat rivalnya.

Ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai pelantikan, dia berucap, secepatnya langsung bekerja membenahi dan menata ulang kondisi pemdes Desa Plalangan yang selama ini karut marut keberadaannya.

Lanjutnya, utamanya soal transparansi kinerja pemerintahan desa yang masih butuh reformasi birokrasi yang cepat dan tepat. Dirinya sudah ‘muak’ melihat dan merasakan bahwa di desantya telah terjadi praktik-praktik pemerintahan dinasti yang telah bercokol dan mengakar kuat selama ini.

“Doakan berhasil. Saya akan robohkan praktik-praktik model dinasti itu,” ujar Sofyan penuh semangat ketika diinterview DIPLOMASINEWS.NET, Minggu, 27 Oktober 2019.

TUMBANGKAN DINASTI : Ucap, kepala desa Plalangan, Jember,  Sofyan Zulkarnain Malik, bahwa dirinya berupaya keras mengenyahkan praktik-praktik dinasti di pemerintahan desanya. [ image : roy enhaer ]

Ujarnya lagi, dirinya sudah sangat ‘geregeten’ melihat praktik dinasti di pemerintahan Desa Plalangan selama ini, dan sangat ingin membuldozer kemudian meratakannya dengan tanah. Dan, diganti dengan pemerintahan penuh amanah, transparansi, selalu mengajak ‘rembugan’ dengan rakyat setiap kali akan melakukan kegiatan apa pun.

“Jujur, saya berangkat mendaftar sebagai kepala desa Plalangan ini, bener-bener didukung dan sekaligus dipanggul oleh rakyat untuk maju di pilkades,” terang Sofyan, kepala desa ‘anyar’ Desa Plalangan, itu, kepada DIPLOMASINEWS.NET, Minggu, 27 Oktober 2019.

Terangnya lagi, berhubung semua itu amanah dan aspirasi murni dari rakyat banyak, akhirnya diputuskan untuk ‘bertarung’ di helatan pilkades serentak se – Kabupaten Jember, beberapa waktu lalu, itu. Dan, akhirnya, berhasil hingga dilantik sebagai kepala desa Desa Plalangan, Kalisat, Jember, Jawa Timur, itu.

“Doakan sekali lagi, semoga saya dan seluruh rakyat di Desa Plalangan, sanggup menegakkan demokrasi dan mampu mendobrak praktik-praktik dinasti,” pungkas Sofyan Zulkarnain Malik,  kepala desa terlantik Desa Plalangan, ketika menyudahi wawancaranya bersama DIPLOMASINEWS.NET, Minggu, 27 Oktober 2019.

Onliner : roy enhaer    

Related

Cover Story 8576261556846904539

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item