Di Desa Berbeda, Pasutri Sukses Bareng Jadi Kepala Desa


KANTOR DESA SEBANEN : Di kantor desa inilah, alkhirnya Sawadi Lukman Hakim, berhasil memenangi pilkades di desa yang bukan domisilnya itu. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_SEBANEN_JEMBER_Peristiwa langka soal pemilihan kepala desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Langkanya, bahwa sepasang suami – istri [ pasutri ] tersebut bersama-sama mencalonkan diri mereka di dua desa yang berbeda. Sang suami mencalonkan di Desa Sebanen, dan sang istri [ Entin Budi Rahayu ] di Desa Sumberketempah. Kedua desa tersebut masuk wilayah kecamatan Kalisat, Jember.

Dan, hasil akhirnya, kandidat kepala desa pasutri itu sama – sama berhasil memenanginya di desa pilihan mereka masing-masing.

Ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai pelantikan, kepala desa terlantik, Sawadi Lukman Hakim, mengatakan atas ‘keberaniannya’ mencalonkan dirinya sebagai kepala desa di Desa Sebanen, yang bukan desa tempat tinggalnya. 

Dirinya berdomisil di Desa Sumberkatempa, Kecamatan Kalisat, Jember, bersama istrinya yang juga memenangi pilkades di desa tersebut.

DESA SEBERANG : Sawadi Lukman Hakim, Kades terlantik yang ‘nyebrang’ dan menjadi kepala desa di Desa Sebanen meski dirinya bukan warga desa tersebut. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
“Intinya, saya berhasil di Desa Sebanen, sedangkan istri saya sukses di Desa Suberkatempa,” ucapnya sembari senyamsenyum ketika dinterviu DIPLOMASINEWS.NET, Senin, 28 Oktober 2019, di ruang tamu rumahnya.

Lanjutnya, dirinya bersama istrinya juga sama – sama heran, kenapa pencalonan mereka pada pilkades serentak se – kabupaten Jember, tersebut, berhasil memenanginya.  Masih menurutnya, bahwa ‘aturan main’ soal pencalanan kepala desa tidak mengacu pada di mana kandidat pilkades itu berdomisili tapi boleh ‘nyebrang’ dan mendaftar di desa lain, dan bahkan di desa wilayah provinsi lain.    

“Ah, semua itu hak prerogratif Tuhan atas makhluk yang dikehendaki-Nya. Termasuk kenapa kami yang pasutri ini sama-sama menjadi kepala desa di desa yang berbeda,” pungkas Sawadi Lukman Hakim, kepala desa terlantik Desa Sebanen, itu, ketika memungkasi interviunya bersama DIPLOMASINEWS.NET, Senin, 28 Oktober 2019.

Onliner  : roy enhaer

Related

Cover Story 3536500001897745419

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item