Karnaval Horti Kaliploso, Angkat Derajat Rakyat ‘Ndeso’

AMAZING OF AGRICULTURE : Para petani horti di Desa Kaliploso yang ‘amazing’ atau menakjubkan itu tengah menyuguhkan agrobis mereka pada parade ‘Kaliploso Horti Carnival 2019’ [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_KALIPLOSO_CLURING_ BANYUWANGI_Untuk kali kedua sejak 2018, lalu, kini, Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, itu, telah suskses menggelar  ‘pesta rakyat’ bertajuk Kaliploso Horti Carnival 2019 [ KHC ], Kamis, 19 September 2019.

Pesta rakyat bertema hortikultura tersebut diparadekan oleh ribuan peserta warga se - Desa Kaliploso di sepanjang jalan desa. Parade horti yang spektakuler, dan mewah itu ternyata murah meriah. Disebut murah karena bahan baku yang digunakan untuk asesori pendukung festival itu gampang sekali diperolah di sekitar rumah dan di pekarangan di desa itu.

Misalnya, klobot jagung didesain untuk busana unik. Blarak pohon kelapa dianyam bisa berfungsi topi. Klaras dari daun pisang dibentuk sedemikian rupa menjadi seni makhluk barong.  Godhong dari daun nangka pun ternyata bisa disulap menjadi mahkota indah yang menggambarkan era kerajaan masa lalu.

BUSANA HORTI : Pada gelaran ‘Kaliploso Horti Carnival 2019’ [ KHC ], itu, para peserta karnaval itu membalut tubuhnya dari bahan tanaman horti. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Sementara itu, Rudi Hartono, kepala Desa Kaliploso, ketika diinterview DIPLOMASINEWS.NET, usai gelaran karnaval horti tersebut berucap bahwa masyarakat desa itu ternyata benar-benar ‘kaya raya’.  Lanjutnya, betapa tidak kaya, lha wong buah tomat saja dijadikan kalung, klobot jagung dironce kemudian dikreasikan menjadi busana indah bagai peragawati yang tengah berlenggak – lenggok di fashion show.

Pingin kaya sesungguhnya tak harus mahal. Di sekitar pekarangan kita saja bisa dimanfaatkan untuk kaya,” ucap Rudi, sembari senyamsenyum ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai acara Kaliploso Horti Carnival 2019 [ KHC ], Kamis, 19 September 2019.

Ucapnya lagi, gelaran Kaliploso Horti Carnival 2019, tersebut sesungguhnya bukan sesuatu yang mesti dibanggakan, tapi, lebih dari semua itu, ada nilai yang tak ternilai harganya di balik acara tersebut, yaitu, betapa seluruh rakyat di Desa Kaliploso sangat partisipatif atas desa yang mereka miliki ini. 

EKSPRESIF : Bersama onliner DIPLOMASINEWS,NET, kepala Desa Kaliploso, Rudi Hartono, berucap bahwa gelaran Kaliploso Horti Carnival [ KHC ] 2019, itu, adalah sebuah ekspresivitas warga atas desa miliknya. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Terlihat dari raut wajah dan semangat ribuan rakyat ndeso di Desa Kaliploso yang begitu antusias tanpa pamrih ingin memajukan desa mereka, ingin mengangkat derajat desa mereka, ingin ‘membangunkan’ desa yang barangkali dulu tertidur lelap agar terbangun dan bersama-sama membangun Kaliploso dari segala bidang.

Masih menurut Rudi, di desa yang dikepaladesai itu mayoritas masyarakatnya adalah bermata pencaharian sebagai petani. Potensi yang potensial di desa itu harus bisa tergali dengan mendorong, dan memberdayakan para petani soal pilihan-pilihan produk pertanian apa yang pas dan ideal untuk dicocoktanamkan.

“Ternyata di Kaliploso lebih pas dengan hortikultura. Ya, kita dorong saja mereka. Dan, Kaliploso Horti Carnival, adalah simbolisasi nyata atas kegembiraan dan kemesraan hati rakyat petani ndeso di desa ini,” pungkas Rudi Hartono, ketika memungkasi wawancaranya dengan DIPLOMASINEWS.NET, Kamis, 19 September 2019.

Onliner   : oma prilly/ony yuvalvan
Editor      : roy enhaer

Related

Cover Story 5492341776417875332

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item