Kades Sumberagung, Vivin Agustin : Semangat Petik Laut, Semangat Masyarakat Laut


SPIRIT PETIK LAUT : Kepala Desa Sumberagung, Vivin Agustin, bersama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, ketika ‘melarung’ miniatur  ‘perahu sesaji’  pada gelaran petik laut 2019, di pesisir Pancer,Banyuwangi. [ image : andri/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_PANCER_BANYUWANGI_Tradisi Petik Laut Pancer 2019, telah digelar pada Minggu, 08 September 2019. Gelaran tahunan yang dipusatkan di pesisir pelabuhan ikan di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, dihadiri dua orang pejabat publik, yaitu, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.  

Pada acara petik laut kali ini, kedua tokoh public itu, yang didampingi kepala desa Sumberagung, Vivin Agustin, didaulat melepas ‘Perahu Sesaji’ dari bibir pantai. Secara ritual, perahu yang berisi hasil-hasil pertanian itu kemudian ‘dilarung’ oleh masyarakat nelayan menuju samudra lepas dengan menembus ganasnya ombak laut selatan.

Sementara itu, kepala desa Sumberagung, Vivin Agustin, ketika ditemui DIPPLOMASINEWS.NET, usai acara, mengatakan bahwa petik laut di pantai Pancer, itu, merupakan  tradisi masyarakat nelayan yang telah mengakar sejak dari nenek moyang dulu hingga kini.

LARUNG SESAJI : Ketika ‘miniature’ perahu sesaji itu menjelang dicemplungkan pada gelaran ‘Petik Laut 2019’ ke samudra lepas di pesisir Pancer, Banyuwangi, Jawa Timur [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Masih katanya, dia berharap agar acara petik laut itu dijadikan semangat para nelayan untuk lebih maju lagi tingkat kehidupannya, ekonominya, dan kesejahteraannya, utamanya para nelayan di pesisir Pancer, itu. Dan, dia berharap agar mereka semakin sadar akan pentingnya keberlangsungan biota laut untuk dijaga dan dirawat kelestariannya.

“Jika lautnya sehat dan kelestariannya terjaga, toh hasilnya akan kembali ke para nelayan atas melimpahnya hasil panenannya,” terang Vivin, ketika diinterview DIPLOMASINEWS.NET, usia gelaran petik laut, Minggu, 08 September 2019.

Lanjut Vivin, dia mengucapkan terima kasih atas kehadiran kedua tokoh itu pada acara petik laut kali ini. Lanjutnya, sebagai kepala desa yang membawahi Dusun Pancer, itu, agar akses jalan menuju ke tempat pendaratan ikan [ TPI ] di Pancer, tersebut sesegera mungkiin dibenahi.

“Agar dinamika ekonomi pelabuhan ikan Pancer itu semakin baik, akses jalan  harus diperbaiki,” harap orang nomor satu di Desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur, itu.

Onliner  : roy/andri/nanang

Related

Cover Story 5660111571125287405

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item