‘Incumbent’ Kades Sambimulyo, Wintoyo, SH : Tak Sekadar Teori, Saya Sudah ‘Ngelakoni’


SUDAH ‘NGELAKONI’ : Incumbent Wintoyo, SH, kandidat pilkades serentak 2019, bernomor urut : 3 [ tiga ], itu berucap bahwa dirinya tak hanya pandai berteori saja, tapi, dia pernah ‘ngelakoni’ amanat rakyat sebagai kepala desa di Desa Sambimulyo, Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur,  itu. [ courtesy : wty/dok.diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_SAMBIMULYO_BANYUWANGI_Kalimat pertama yang terucap dari petahana Kades Sambimulyo, Wintoyo, SH, adalah jika hanya sekadar bicara teori, itu sangat mudah. Tetapi, untuk ‘nglakoni’ atau melakukan pekerjaan yang nyata di ruang pubik itu yang gampang-gampang susah.

Ketika ditemui DIPLOMASINEWS,NET, di beranda rumahnya, Rabu, 11 September 2019, sore, dia menuturkan bahwa menjadi seorang pemimpin di desa itu ternyata tidak segampang yang dibayangkan banyak orang.  Seorang kepala desa di satu desa, katanya lagi, harus mampu dan mau mendengar aspirasi seluruh warga yang dipimpinnya. Harus sanggup berlaku adil, bijak, bekerja melayani warga dan bertindak ‘on the track’ atau tidak keluar dari rel aturan yang berlaku. Dan yang paling utama adalah harus bisa menyenangkan, menyejukkan, mengamankan dan menentramkan semua pihak.

“Sesungguhnya tidak ada hal yang sulit jika kita bekerja dengan kesungguhan dan hanya mengatasnakan hajat hidup rakyat banyak, ” ujar Wintoyo, SH, petahana kepala desa Sambimulyo, kepada DIPLOMASINEWS.NET, di beranda rumahnya, Rabu, 11 September 2019.

Ketika ditanya DIPLOMASINEWS.NET, atas strategi apa untuk menghadapi gelaran pilkades serentak di Desa Sambimulyo, itu? Dengan diplomasitis menjawab, bahwa dirinya akan beradu program yang realisasinya bisa menyentuh hati rakyat. Adu gagasan yang tidak sekadar teori tapi berakhir tanpa bukti dan jauh dari realisasi.

Masih jawabnya, pada laga politik ‘level desa’ tersebut, dirinya tak akan ‘nggedabrus’ setinggi langit ketika bersosialisasi di depan ribuan pasang mata calon pemilihnya, tetapi akan meneruskan dan meyempurnakan program-program yang ketika dia menjabat sebagai ‘lurah’ Desa Sambilmulyo. Katanya lagi, sekarang masyarakat pemilih sudah semakin cerdas dan berlogika ketika akan melakukan apa saja. Termasuk saat menentukan hak pilihnya pada hari pencoblosan 9 Oktober 2019, nanti.

Wintoyo, Kandidat pikades Desa Sambimulyo, Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur,  yang bernomor urut 3 [ tiga ] tersebut mengatakan bahwa sesungguhnya telah banyak pengabdian yang sudah disumbangsihkan kepada Desa Sambilmulyo, selama satu periode dirinya menjadi orang nomor satu di desa tersebut.  

Lanjut kandidat bernomor urut : 3, tersebut menjelentrehkan bahwa program-program Negara yang sudah terealisasi menjadi bukti nyata dan berhasil sesunggunya sangat banyak. Contoh nyatanya program fisik tersebut, seperti program nasional penyetipikatan PTSL [ pendaftaran tanah sistematis lengkap ] yang berhasil, beragam kegiatan proyek infrastruktur, pembangunan gedung serba guna, dan sejumlah program baik nasional maupun regional juga telah dilakoni dengan baik dan berhasil.

Tak hanya itu, pembangunan non fisik yang berkaitan dengan religiusitas warga, atau kondusifitasnya lintas agama yang semakin bersatu dan telah tumbuh rasa toleransi antar umat beragama. Semua itu telah ter-cover terlihat hasil nyatanya di desa Sambimulyo.

“Kami sering melaksanakan momen-momen penting pada hari-hari besar keagamaan di desa. Seperti, istigosah kubro, santunan anak yatim piatu, dan masih banyak hal yang menyangkut soal kerohaniahan umat di desa ini,” jelas incumbent Wintoyo , kepada DIPLOMASINEWS.NET, Rabu, 11 September 2019.

Kalimat pungkasnya, Wintoyo, mengatakan bahwa setumpuk teori itu akan tidak berarti apa pun jika diperbandingkan dengan bukti yang telah dan pernah dibuktikan. Seorang kepala desa pun jika hanya berteori tanpa bisa mewujudkan bukti yang konkrit di tengah masyarakat, dirinya pasti akan dicatat oleh banyak orang atas celotehnya yang hanya sedangkal teori itu.

“Mudah-mudahan saya tidak hanya pandai berteori, tapi saya kan pernah membuktikan atas teori itu. Teori akan selalu kalah dengan yang sudah pernah 'ngelakoni’,” pungkas Wintoyo, kandidat petahana pilkades Sambimulyo,  bernomor urut : 3, ketika memungkasi wawancaranya dengan DIPLOMASINEWS.NET, Rabu, 11 September 2019.

Onliner  : roy enhaer/diplomasinews.net

Related

Cover Story 5727787542358947965

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item