Dewi : Toilet Bersih ‘Cermin’ dari Rumah Bersih


TIM ‘PEMBERSIH’ TOILET : Ketika para 'pengagum' kebersihan toilet itu berswafoto di TK Siwi Peni, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_CLURING_BANYUWANGI_Agar hidup manusia itu semakin bersih dan sehat, hal-hal yang paling kotor dan menjijikkan pun tak luput untuk dinilai kebersihannya. Contohnya, penilaian lomba ‘Toilet Bersih’. Lomba yang dinilai oleh tim penilai dari kabupaten Banyuwangi, itu, telah memotret keberadaan toilet di lembaga pendidikan Taman Kanak – Kanak [ TK ] Siwi Peni, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 21 September 2019.

Catatan DIPLOMASINEWS.NET, criteria yang dinilai dalam lomba ‘Toilet Bersih’ tersebut adalah kesehatannya, kenyamanan, keharuman, dan kebersihannya atas water closed, itu. Ketika itu, tim penilai dari kabupaten tersebut juga ‘belusukan’ mencari di mana letak dan keberadaan septic tank  yang masuk dalam kategori penilaian lomba.

BERSIH ADALAH CERMIN : Dewi Saadah, berucap bahwa bersih tidaknya ‘jeding’ dan toilet itu merupakan indicator atas bersih tidaknya rumah. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Sementara itu, Dewi Saadah, salah satu orang nomor satu di TK Siwi Peni, tersebut, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, berucap bahwa toilet-toilet miliknya yang saat itu dinilai oleh tim penilai lomba ‘Toilet Bersih’ tersebut sudah dipastikan selalu bersih, nyaman, sehat, dan harum aromanya.

“Kami menjaga kebersihan toilet ini tidak hanya ketika ada lomba saja, kok. Saban saat, selalu kami rawat kebersihannya. Pasalnya, kebersihan rumah itu tercermin dari kebersihan jeding dan toiletnya,” tutur Dewi, ketika diwawancarai DIPLOMASINEWS.NET, di sela-sela penilaian lomba, Sabtu, 21 September 2019.

Lanjutnya, membudayakan hidup bersih itu gampang-gampang sulit. Tapi, jika sudah terbiasa hidup bersih, semuanya akan terasa enteng. Lanjutnya lagi, pasalnya, rumah yang bersih dan hidup sehat itu salah satu indikatornya adalah tercermin dari jeding atau kamar mandi, dan toilet yang bersih.   

Onliner   : roy enhaer/diplomasinews.net  

Related

Cover Story 5493809204384708545

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item