Anggota DPRD Banyuwangi, PDIP, Patemo : Hidup Itu Ada yang Menghidupi


SEPI ING PAMRIH, RAME ING GAWE : Ketika seorang Patemo berurai-urai kata ‘tanpa pamrih’ dan akan dibuktikannya dengan ‘rame ing gawe’ pada pagelaran wayang kulit dan tasyakuran di Desa Temurejo, Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_TEMUREJO_BANYUWANGI_Senin Wage malam Selasa Kliwon, 16 September 2019, pagelaran wayang purwo semalam suntuk bersama dalang Ki Heri Prasetyo, telah beraksi di halaman rumah Patemo, anggota DPRD Banyuwangi, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [ PDIP ], di Dusun Selorejo, Desa Temurejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur.  

Tepat pukul 20.00 WIB, lengking gesekan suara rebab, rancak hentakan gendang, dengung menggaung sentuhan gender, pukulan gong yang menghunjam jantung, dan ditingkah oleh ketukan cempolo dalang menyelaraskan gending-gending yang ditabuh para pengrawit.

Suguhan seni budaya wayang kulit yang sesungguhnya sebagai bentuk rasa syukur atas terpilihnya seorang Patemo sebagai wakil rakyat, itu, dihadiri oleh jajaran Forpimka setempat, dan ribuan warga yang hadir hingga tumpah ruah sebagai tanda menumpahkan doa-doa tulus kepada sosok bersahaja yang dikagumi mereka, yakni, Patemo.

Catatan DIPLOMASINEWS.NET, bahwa gelaran malam itu memperingati 1 Suro/ 1 Muharram 1440 H dan 'ngiras - ngirus' acara tasyakuran. Di samping itu, suguhan seni budaya wayang purwo, ‘sewengi tet’ itu merupakan rangkaian rasa  syukur  dari sosok ‘wakil rakyat’, Patemo.

Ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET di sela-sela pertunjukan seni wayang kulit tengah menggelar pakeliran, Patemo mengatakan bahwa jika dirinya kini berhasil menjadi wakil rakyat di gedung dewan, itu, sesungguhnya berkat kerja keras, kerja cerdas, dan tetesan – tetesan keringat segenap warga yang selama ini memberi spirit, menyemangati, mendorong positif, dan bahkan ‘memanggul’ nya hingga duduk di kursi DPRD Banyuwangi.

SPIRIT ITU SPIRIT RAKYAT : Patemo berucap syukur bahwa kini dirinya berhasil ‘lungguh’ di kursi rakyat itu karena ‘dipanggul’ dan disemangati oleh semangat rakyat [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
“Tanpa kerja keras penuh semangat dari seluruh warga, saya tidak akan pernah berhasil seperti hari ini. Seperti kebahagiaan dan sekaligus ketrenyuhan seperti malam ini. Ada keterharuan yang tak bisa saya sembunyikan ketika memandang betapa ‘sedulur-sedulur’ hadir di acara syukuran ini dengan membawa ketulusan hati yang saya yakin benar-benar tulus,” ucap Patemo, berura-urai ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, di pawon belakang, Senin, 16 September 2019, malam.

Urainya lagi, malam iitu dirinya merasa ‘dadi siji’ bersama seluruh pengunjung yang hadir menikmati pagelaran wayang purwa yang digelar semalam suntuk itu. Malam itu, lanjutnya, dirinya merasa hidupnya lebih hidup lagi dapat menatap langsung para saudara-saudara yang dengan rela duduk ‘klesetan’ sembari menikmati dan menghayati seni wayang kulit, tersebut.

Patemo, kini dirinya semakin memuai kesadarannya, dan semakin meluas cakrawalanya, bahwa hidup itu tidak bisa dinikmati seorang diri. Hidup itu tidak bisa dikerjakan sendiri. Dan, hidup itu mesti berbagi, mesti saling menerima dan memberi. Dan, akhirnya hidup itu ada yang menghidupi. Ada Sang Maha Hidup yang senantiasa menghidup kita dan kehidupan ini.

Masih urainya, ketika kini dirinya berhasil menjadi anggota dewan teresbut, dirinya telah sadar bahwa semua itu ada yang menghidupinya. Rakyat atau konstiuennya yang menghidupinya. Sedangkan semua hidup itu bersumber dan mutlak berasal dari Sang Maha Hidup, yakni Tuhan Yang Maha Dalang atas kehidupan itu.

“Hidup itu sesungguhnya ada yang menghidupi,” pungkas Patemo, sembari berjabat tangan kepada DIPLOMASINEWS.NET, sekaligus memohon doa tulus dalam memanggul tugas-tugas kerakyatan di gedung dewan, sana.    

Onliner  : oma/andri/nanang
Editor     : roy enhaer

Related

Cover Story 5953883556032270318

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item