Tujuhbelasan Bersama ‘Leopard’ Kemerdekaan


‘TANK’ KEMERDEKAAN : Yahya, bersama onliner DIPLOMASINEWS.NET, ketika berswafoto di depan ‘Leopard’ hasil karyanya. [ image : nanang/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_SETAIL_BANYUWANGI_Ternyata banyak cara seseorang untuk mengekspresikan hari kemerdekaan di republik ini. Salah satu ‘manusia’ ekpresif patriotik itu adalah Yahya, 75 tahun, warga Dusun Curahtangi, Desa Setail, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur.

Keeskpresifan seorang Yahya dalam mendirgahayui kemerdekaan ke – 74 Repulik Indonesia, ini, adalah gagasannya mendesain replika tank Leopard, yang kini tengah dipajang di depan rumahnya, di jalan poros menuju ke arah kota Jember.

“Ah, itu sekadar menghargai hari kebebasan negeri ini  dari kolonialis, kok. Terserah lah, tank doreng itu mau disebut Leopard atau apalah. Yang penting, intinya, semua itu adalah bentuk kepatriotan dan kecintaan saya kepada Nusantara, ini,” terang Yahya, berurai-urai ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, di  sela-sela mewarnai replika Leopard-nya, Selasa, 13 Agustus 2019.

EKSPRESIF PATRIOTIK : Sosok di depan replika ‘Leopard’ – nya, itu adalah Yahya, 75 tahun, yang terinspirasi dari keluarganya yang ‘berdarah’ militer. [ image : nanang/diplomasinews.net ]
Dan, ketika dicecar pertanyaan seberapa rupiah biaya pembuatan replika Leopard, tersebut, hingga akhirnya sempurna nanti. Juga, apa sesungguhnya yang mendasari ide pembuatan kendaraan doreng ‘lapis baja’, yang kini tengah dalam pengerjaan itu.

“Karena kami adalah dari ‘darah’ militer. Makanya, sangat masuk akal jika saya terinspirasi oleh suasana militer. Dan, biaya untuk pembuatan tank itu tidak banyak kok, sekitar 2 - 3 jutaan, saja, Bahan bakunya juga gampang ditemukan di sekitar kita,” pungkas Yahya, ketika berada di dekat Leopard kebanggaannya, itu.

Onliner  : oma prilly/nanang/diplomasinews.net
Editor     : roy enhaer    

Related

Cover Story 6322742394191653518

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item