Seikhlasnya, Selfie bersama ‘Robot Merdeka’

ROBOT ‘SAK IKHLASE’ : Hermanto bersama robot miliknya, ketika menunggu para ‘selfier’ yang pingin berswafoto murah semampu isi dompet. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_BARUREJO_BANYUWANGI_Dalane golek pangan wong urip kwi macem-macem. Mata pencaharian orang dalam hidup dan kehidupan itu beragam caranya. Contohnya, Hermanto, 35 tahun, warga Pesanggaran, Banyuwangi, itu, selalu bersama ‘robot’ miliknya dalam mengumpulkan rupiah demi rupiah di mana pun terdapat gelaran keramaian.

Baginya, ‘robot’ miliknya itu selalu menjadi alat produksi untuk mengais rejeki demi hidup dan kehidupannya sehari-hari. Dia tidak sendiri, bersama temannya yang diberi tugas ‘berpakaian’ robot itu mengembara ke mana dan di mana pun ketika ada kegiatan massal, seperti karnaval di Desa Barurejo, sekarang ini.

“Di samping kami mengais receh, kami juga bagian dari rakyat yang ikut memperingati tujuhbelasan, kok,” tutur Hermanto, kepada DIPLOMASINEWS.NET, sembari menawarkan kepada orang-orang yang pingin berswafoto bersama ‘robot merdeka’ miliknya, itu, Sabtu, 24 Agustus 2019.

SWAFOTO ROBOT MERDEKA : Para ‘selfier’ yang tengah berselfie-ria bersama robot milik Hermanto di tengah keramaian karnaval di Desa Barurejo, Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : roy enhaer/diplomasinews.net ]
Lebih jauh Hemanto bertutur bahwa sebuah robot miliknya itu merupakan ‘aset’ satu-satunya untuk menghidupi hidup keluarga sehari-hari. Dia berprinsip bahwa pekerjaan orang hidup itu tidak diukur dengan modal besar, tapi, baginya, meski hanya sebuah robot yang saban hari digunakan ‘ngamen’ di mana-mana tempat itu, ternyata sanggup memberikan nilai rupiah tersendiri dan cukup untuk menghidupi anak istri.

Masih katanya, pekerjaan apa pun yang penting tidak nyolong dan berlaku kriminal menabrak aturan. Dan, bagi yang pingin berselfi-ria bersama robot miliknya itu, tarifnya sesuka-sukanya.

“Wong mbayare  sak ikhlase kok,” , kok,” pungkas Hermanto, sembari berbisik di telinga DIPLOMASINEWS,NET, di tengah hingar – bingar  karnaval di Desa Barurejo, itu, Sabtu, 24Agustus 2019. Maksudnya, jika pingin foto bersama robot miliknya, mereka tidak dibandrol harga, tapi bayar sekuat kemampuan isi dompet.

Onliner  : roy enhaer/diplomasinews.net

Related

Cover Story 7605398002543967083

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item