Paskibraka Dikukuhkan Inspektur Upacara


CIKAL BAKAL NUSANTARA : Para pasukan pengibar bendera pusaka 2019, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, berswafoto usai pengukuhan dan ikrar [ courtesy : YBI/nanang/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_CLURING_BANYUWANGI_Jumat sore, 16 Agustus 2019, pukul 16.00 WIB, bertempat di halaman kantor Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, telah digelar pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Merah Putih [ Paskibraka ] tahun 2019.

Barisan Paskibraka yang formasinya menyimboliskan angka 17, 8, dan 45 itu, telah dibacakan naskah pengukuhan oleh inspektur upacara serta ikrar putra – putri Indonesia.

Dan, kata pengantar naskah pengukuhan paskibraka Kecamatan Cluring, tersebut berbunyi, hari ini adik-adik akan dikukuhkan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka [ paskibraka ]. Dilanjutkan dengan kalimat, yaitu, pengukuhan itu bermakna bahwa paskibraka berjiwa ksatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, dan rela berkorban demi ibu pertiwi.

Kemudian, berbunyi, anak-anak calon paskibraka, tengoklah perjuangan sejarah kita, bergelimang darah dan air mata, ribuan jiwa dan jasad yang terkapar, membela bendera sang merah putih, pengorbanan demi pengorbanan, pengorbanan untuk apa, perngorbanan untuk siapa, kemerdekaan, dan kemerdekaan, cita-cita proklamasi, kesejahteraan seluruh rakyat, harkat, tapi ingat anak-anakku, kerja belum selesai, lahan luas terbentang di hadapanmu menanti tangan-tangan terpuji. Akhirnya, kini, sebagai perwujudan pengukuhan adalah pengucapan ‘Ikrar Putera Indonesia’.    

SYUKUR NUSANTARA : Camat Cluring, Banyuwangi, Yoppy Bayu Irawan, S.Sos, MM, ketika beramah tamah usai gelaran pengukuhan paskibraka 2019. [ image : nanang/diplomasinew.net ]    
Usai gelaran pengukuhan paskibraka, itu, Yoppy Bayu Irawan, S. Sos, MM, Camat Cluring, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, mengatakan bahwa para pasukan paskibraka yang akan melakukan tugas negara pada Sabtu, 17 Agustus 2019, besok, itu, merupakan tunas-tunas muda bangsa yang handal dan penuh patriotik demi Pertiwi, ini.  

“Mereka adalah calon dan cikal bakal pemuda harapan negeri ini di masa depan nanti. Di pundak merekalah negeri ini akan dipanggul wibawanya. Di tangan merekalah negeri katulistiwa ini akan diukir indah dan penuh kemuliaan,” ujar Yoppy berurai-urai ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai gelaran pengkuhan paskibraka di halaman kecamatan Cluring, Jumat, 16 Agustus 2019.

Kalimat pungkasnya, Yoppy berharap kepada para pasukan paskibraka itu, semoga pada masa-masa ke depan bisa menjadi ‘manusia-manusia’ berguna yang sanggup membangun dan menyejahterakan negeri ini.

“ Semoga mereka menjadi manusia ber-SDM unggul menuju Indonesia maju,” pungkas Yoppy.

Onliner   : nanang susanto/diplomasinews.net
Editor      : roy enhaer      

Related

Cover Story 5761071651598444497

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item