Meski Upacara ‘Tak Resmi’, yang Penting untuk Negeri


BENTANG MERDEKA : Upacara di Dusun Krajan, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, hanya membentangkan bendera merah putih sepanjang 20 meter. [ image : eko budiyanto/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_JAJAG_BANYUWANGI_Untuk menyambut dan mengapresiasi hari kemerdekaan Republik Indonesia, sesungguhnya tidak harus ‘resmi’ di tanah lapang dan dihadiri oleh petinggi-petinggi negeri ini.

Tapi, hari kemerdekaan Republik Indonesia 2019, kali ini, telah didirgahayui oleh warga Dusun Krajan, RT 2 dan RT 3, RW 2, Desa Jajag, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Uniknya, upacara yang digagas oleh Heri, Wawan, Jumadi, dan Sunyoto, itu, prosesinya  hanya membentangkan sang dwi warna Merah Putih sepanjang 20 meter oleh warga  ‘peserta’ upacara sembari dilantuni lagu sakral Indonesia Raya.

“ Iya, panjang bendera merah putih tersebut kira – kira 20 meteran. Itulah barangkali cara kami, cara warga di dusun ini dalam menyambut HUT RI, tahun 2019, ini,” ujar Komar, salah satu tokoh pemuda yang ditemui DIPLOMASINEWS.NET, usai gelar ‘upacara’ di lorong kampung, itu, Sabtu, 17 Agustus 2019.

KAMPUNG CUP : Para peserta lomba tujuhbelasan yang tengah mengikuti beragam lomba di kampung. [ image : eko budiyanto/diplomasinews.net ]
Baginya,  prosesi upacara tujuhbelasan di kampung itu, jika dimaknai tidak berbeda jauh dengan upacara yang digelar di lapangan oleh para petinggi birokrasi, itu.

Sementara itu, usai seremonial ‘upara kampung’ di dusun itu, juga digelar beragam lomba, seperti, lomba balap karung, pegang belut di ember, sendok kelereng, dan lain-lain.

“Para peserta lomba juga disediakan beragam hadiah jika bisa memenangi lomba-lomba tersebut.” pungkas Komar.

Pungkasnya lagi, hadiah yang dipersiapkan untuk para pemenang lomba ‘level kampung’ itu berupa, alat-lat sekolah, seperti tas, buku tulis, kotak pensil, dan lain-lain.

Onliner  : eko budiyanto/diplomasinews.net
Editor     : roy enhaer    

Related

Cover Story 2677236808586806484

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item