Dewi : Garuda di Dadaku


GARUDA DI DADA : Ucap Dewi, apa yang dilakoni pada gelaran karnaval budaya se – Desa Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, sekadar ‘mengisi’ kemerdekaan ke – 74 di negeri Nusantara, ini. [ image : nanang/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_CLURING_BANYUWANGI_Demi menyambut dirgahayu kemerdekaan ke – 74 Republik Indonesia, tahun 2019, ini, Desa Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, telah memparadekan gelaran karnaval kultural, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Karnaval kultural yang diawali dari garis start di Dusun Cemetuk, kemudian berakhir di titik finish di ruas jalan pertigaan Desa Cluring, itu, berlangsung meriah dan sangat megah. Gelaran ‘arak-arakan’ pawai budaya bangsa itu diikuti 19 regu, dan menempuh jarak kurang lebih 2,7 kilometer.

Dan, salah satu regu peserta karnaval dari Taman Kanak- Kanak [ TK ] ‘Siwi Peni’ Cluring, itu, ternyata ada sosok peserta yang  ‘terselip’ memperagakan busana khas negeri ini sembari memeluk symbol atau lambang negara burung garuda di dadanya.

SELENDANG MERDEKA : Ketika Dewi berhenti sejenak dan memberikan selendang kepada Pj kepala desa Cluring, Najamudin Arief, SE, beserta ibu, di depan panggung kehormatan pada karnaval budaya se- Desa Cluring. Banyuwangi, Jawa Timur [ courtesy : dees ]
Ketika dicegat DIPLOMASINEWS.NET, di garis finish, sosok peserta bernama Dewi Saadah, itu, mengaku bahwa aktivitas kesehariannya ‘ngurusi’ bocah-bocah pra – sekolah di lembaga pendidikan Taman Kanak – Kanak [ TK ] ‘Siwi Peni’ yang beralamat di Desa Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur.

Akunya lagi, bahwa kini kenapa dirinya ikut berpartisipasi dalam gelaran karnaval dan ‘berdandan’ busana khas negeri ini, karena sekadar ingin menyambut dan ikut ‘mengisi’ kemerdekaan di negeri Nusantara ini. Lanjutnya, sesungguhnya dirinya mesti berterima kasih kepada para founding father atau pejuang yang telah mengorbankan tidak hanya harta benda saja kepada kemerdekaan, tapi lebih dari itu, yakni air mata, jiwa raga dan bahkan nyawa sebagai garansinya.  

“Kita sekarang hanya tinggal ‘ungkang-ungkang’ saja menikmati kemerdekaan, ini. Isilah kemerdekaan di negeri merdeka ini dengan apa yang kita bisa. Dan, semampu kita,” pungkas Dewi, ketika memungkasi wawancara ekslusifnya dengan DIPLOMASINEWS.NET, usai karnaval se- Desa Cluring, itu, Sabtu, 31 Agustus 2019.

Onliner : roy enhaer/nanang susanto

Related

Cover Story 6568683029704278360

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item