700 Fakir Miskin, Terima Daging Kurban di Masjid Baitur Rosydin


FAKIR MISKIN DI BAITUR ROSYDIN : Ketika Masjid Besar Baitur Rosydin, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, tengah berbagi daging hewan kurban pada hari raya Idul Adha, 2019 M/1440 H [ image : andri pras /diplomasnews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_CLURING_BANYUWANGI_Minggu, 11 Agustus 2019, Masjid Besar Baitur Rosydin, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, tengah menunaikan salat Idul Adha 2019 M / 1440 H. Salat yang diikuti ratusan umat Islam itu meluber hingga di halaman masjid terbesar di Cluring, itu.

Seperti lazimnya, usai tunaikan salat Idul Adha, masyarakat di sekitar masjid tersebut melakukan penyembelihan herwan kurban berupa 2 [dua ] ekor sapi, dan 16 [ enam belas ] ekor kambing.

Sementara itu, Abdul Halim,  56 tahun, ketua  panitia hari raya Kurban, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, berujar bahwa inti dari  ‘tradisi’  religi atas ‘mbeleh’ hewan pada hari kurban adalah rasa peduli, rasa solidaritas, rasa sosial, dan kepedulian berbagi ‘sesuatu’ pada ‘fukara masakin’ yang sangat membutuhkan.

Lanjut Abdul Halim, ‘sesuatu’ itu adalah ketika pada hari raya Idul Adha, seperti kali ini, pihaknya telah membagikan kepada mereka yang fakir miskin berupa daging sembelihan hewan kurban.  

INTERVIEW KURBAN : Ketika onliner DIPLOMASINEWS.NET, berinterview kepada ketua panitia kurban, di beranda masjid besar Baitur Rosydin, Cluring, Banyuwangi. [ image : andri pras / diplomasinews.net ]
Secara teknis, lanjutnya, pendistribusian kepada fakir miskin atas daging kurban tersebut, didata dari level rukun tetangga [ RT ] secara detil atas siapa dan di mana alamatnya yang berhak menerimanya.  Kemudian data yang telah valid itu diberikan kepada panitia kurban.

Catatan DIPLOMASINEWS.NET, data atas fakir miskin yang berhak menerima daging kurban tersebut lebih kurang 700 kepala keluarga [ KK ] yang berdomisil di seputar lingkungan Dusun Krajan, Desa Cluring.      

“Data itu kami ambilkan dari pembagian zakat fitrah pada ramadan, lalu. Dan, setiap KK mendapatkan daging kurban seberat 6 ons,” terang Abdul Halim, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, di halaman depan masjid besar Baitur Rosydin, Cluring, Banyuwangi, Minggu, 11 Agustus 2019.

Pungkas Abdul Halim, sesungguhnya inti sari atas pelaksanaan kurban pada hari raya Idul Adha, tersebut, yang berhak menerima hanyalah para fakir miskin.

Onliner  : nanang/andri/budi
Editor     : roy enhaer

Related

Cover Story 5973580945462262902

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item