Program ‘Sedekah Sayang’ : Ketika ‘Si Miskin’ Dikasihsayangi

‘NYUNGGI’ KASIH SAYANG :  Mariyatun, 70 tahun, ketika di atas kepalanya terbebani sekantong beras ‘kasih sayang’ di halaman Desa Kebaman, Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. [ image : andri pras/diplomasinews.net ]
DIPLOMASINEWS.NET_KEBAMAN_SRONO_BANYUWANGI_Rabu pagi, 24 Juli 2019, Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur, telah menggelar program kesosialan yang langsung ‘merangkul’ warga miskin, di desa tersebut.

Program ‘Sedekah Sayang’ yang mengalir dari ‘duit’ rakyat APBD 2019 dan lewat anggaran Alokasi Dana Desa [ ADD ] Desa Kebaman, tersebut,  telah diterimakan kepada 199 kepala keluarga [ KK ], dan setiap KK mendapatkan ‘kasih sayang’ berupa 10 kilogram beras, dan 1 kilogram telur.  
 
‘SODAKOH’ SAYANG : Ketika Kepala Desa Kebaman, Adi Sucipto, menggelar program ‘Sedekah Sayang’ di pendopo desanya. [ image : andri pras/diplomasinews.net ]
Sementara itu, Adi Sucipto, Kepala Desa Kebaman, ketika ditemui DIPLOMASINEWS.NET, mengatakan bahwa program tersebut adalah ‘titipan’ dari pemerintah kabupaten untuk mengasihsayangi warga desa yang secara ekonomi belum mapan.











“Sebanyak 199 KK warga miskin tersebut dijaring lewat musyawarah desa. Dan, ini program pertama kali di desa Kebaman, yang teranggarkan sebesar Rp. 24. 875. 000,  dan dipotong pajak sebesar Rp. 2.602.000, ” jelas orang nomor satu di desa tersebut kepada DIPLOMASINEWS.NET, Rabu, 24 Juli 2019.

Jelasnya lagi, program tersebut diperuntukkan bagi warga miskin yang sama sekali belum pernah ‘tersentuh’ oleh program sosial apa pun selama ini.

Di tempat terpisah,  Mariyatun, 70 tahun, salah satu warga penerima manfaat, ketika dicegat DIPLOMASINEWS.NET, mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan program sedekah sayang yang digelar di Desa Kebaman tersebut.

“Matur nuwun kalih Pak Lurah, kulo dereng nate angsal nopo ket riyin,” ucapnya jujur, sembari ‘nyunggi’ sekantong beras dan beberapa butir telur di tangannya.

Onliner   : andri pras/diplomasinews.net
Editor      : roy enhaer

Related

Cover Story 4214942505691086299

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item