Mungkinkah Tumpangpitu ‘Lebih’ Tsunami dari Tsunami?

@roy enhaer
Gegara terjadi ‘lindu’ atau gempa bumi bermagnitudo 6, yang mengguncang Nusa Dua, Bali, pekan lalu, itu, dampak guncangannya hingga di pantai Pancer, di wilayah selatan Banyuwangi, Jawa Timur.

Bagi warga pesisir laut Pancer, guncangan gempa bumi itu tidak hanya mengguncang bumi mereka di sana, tapi, ketika menyebut, mendengar, dan merasakan goyangan gempa bumi, hampir seluruh warga di wilayah selatan Banyuwangi, sana, itu, selalu mengaitkannya dengan tragedi gelombang Tsunami pada 1994.

Tragedi alami yang telah memporakporandakan dan meratakan dengan tanah atas  bangunan rumah warga dan ratusan korban nyawa manusia.

Faktanya, atas dampak gempa yang berkoordinat di Pulau Dewata, tersebut, sejumlah ratusan warga di pesisir laut Pancer, benar-benar mengevakuasikan diri mereka demi ‘njagani’ atau antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang paling buruk. Yaitu, gelombang dahsyat Tsunami, seperti,  dua puluh lima tahun lalu, itu.

Pertanyaan besarnya, kenapa seluruh warga Pancer begitu teramat ketakutan hingga pada titik traumatik atas isu ‘hoak’ akan terjadi bencana alam Tsunami, pekan lalu, itu? Kenapa tidak ‘lebih takut’ dan was-was atas ‘dampak negatif’ dari gunung Tumpangpitu yang saban hari ‘dijugruk-kan’, ‘dibombardir’, digali, dikeruk, dibor, 'digrowongi, dan ‘diorat-arit’ kelestarian dan 'dikantongi' kemudian dipanggul pulang hasil sumber daya alamnya oleh para 'penguasa' dan 'pengusaha', itu?

Akhirnya, dari dua ‘traumatika’ di atas, sesungguhnya ‘siapa’ yang lebih berpotensi ‘menciptakan’ gelombang Tsunami bagi masyarakat dan lingkungan di pesisir laut Pancer, itu? 

Cepat atau lambat, besok atau lusa, pasti sepasti-pastinya akan terjadi kemahadahsyatan 'multi-tsunami', seperti, lingkungan hidup, ekosistem, ekonomi, sosial, budaya, dan 'tsunami' keberlangsungan generasi dan peradaban manusia.

@roy enhaer
Banyuwangi, Sabtu, 27 Juli 2019.  

Related

Cover Story 5404091189135739346

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item