Rumah Warga Semakin Miring di Pinggir Tebing


DIPLOMASINEWS.NET_ SINGOJURUH_Warga masyarakat yang berada di Dusun Krajan dan Dusun Sidorejo, Desa Gambor, Singojuruh kini diresahkan dengan kondisi tebing sungai Kumbo yang kian hari kian longsor dan membahayakan warga tepian sungai.

Longsornya tebing itu sudah kategori siaga bencana. Pasalnya, derasnya sungai Kumbo ini sudah menghanyutkan tanah milik warga.

"Rumah saya terancam hanyut. Karena berada di tebing sungai,’’ kata Bodos, (70), warga  Desa Gambor pada DIPLOMASINEWS.NET, Selasa (3/9/2019).


Sementara itu, media online ini mencatat bahwa tebing sungai yang tergerus derasnya air sungai Kumbo tersebut pada tahun 80-an lahannya masih milik warga. Tapi kini, faktanya lahan itu sudah berubah menjadi sungai.

“ Tanah saya yang dulu berjarak 40 meter dari bibir sungai itu, sekarang sudah habis digerus air,” terang Bodos pada media online ini.

Di tempat terpisah, Surip, kepala dusun Krajan semakin prihati melihat warganya setiap musim musim hujan tiba selalu siaga di pinggir kali demi mengantipasi kemungkinan tebing sungai  Kumbo terancam longsor.

“Kapan ya tebing longsor itu di normalkan?” tanya Surip.
Kata Surip lagi, setahun lalu tebing yang longsor itu sudah ditinjau oleh kepala dinas PU dan UPTD PU Kecamatan. Tapi hingga berita ini di-online-kan, tebing yang terancam longsor itu belum tersentuh oleh pihak terkait.

Onliner    : tegas/diplomasinews.net
Editor       : epras

Related

Njajah Deso 8158503882218269686

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item