‘Peteng Ndedet’ Negeriku

Roy ENHAER
Siapa pun kau pemimpin di negeri Pancasila ini. Entah yang kini sedang memimpin atau yang  ‘bernafsu’ ingin menjadi pemimpin, jutaan rakyat tak peduli.

Jutaan mulut rakyat butuh makan, butuh minum. Butuh teriak jika kepala diinjak oleh pemimpinnya. Mulut rakyat jangan dilarang teriak hingga tenggorkan serak jika lampu pijar di rumahnya tiba-tiba ‘modar’ tanpa ada kabar.

Siapa pun ‘presiden’ yang sekarang tengah mempresideni republik ini, dan siapa pun yang masih ‘ancang-ancang’ ingin duduk di kursi ‘presiden’ di negeri surga ini. Jutaan rakyat tak peduli atas semuai ini. Tapi rakyat hanya butuh ‘presiden’ yang mendahulukan hajat hidup rakyat.

Rakyat pasti menagih janjimu. Siapa pun kau yang memimpin negeri ini . Bersediakah kau buka kedua lubang kupingmu yang ‘tersumbat’ itu?. Kelopak dan kornea matamu yang penuh ‘muslihat’ itu. Dan, sanggupkah kau buka mata hatimu yang ‘berkarat’ itu?

Bersediakah kau buka kedua matamu agar melihat bahwa listrik di negeri ini cahayanya menyala ‘byar pet’ sepanjang hari?

Tahukah bahwa rakyat telah dengan sungguh-sungguh membayar ‘setrum’ listrik setiap pijar nyalanya? Dengan cara seperti inikah kau ‘membutakan’ mata rakyat dengan menggelapgulitakan lampu-lampu yang setiap detik dan detak hidupnya sangat tergantung dengan nyala dan tidaknya?

Sekali lagi, siapa pun kau pemimpin di negeri katulistiwa ini, ‘segelap’ inikah hati nuranimu?  Se -‘peteng ndedet’ itu kah perilakumu dalam mengurus negeri ini?  

@roy enhaer
Banyuwangi, Sabtu, 08 September 2018

Related

Tumbak Cucukan 2428359155781135627

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item