‘Kampung Kreatif’, Budaya Lokal yang Arif

DIPLOMASINEWS.NET, SILIRAGUNG_Meski dusun Sumbermanggis salah satu bagian dari desa Barurejo yang terletak di ‘pinggir alas’, ia tak mau tertinggal dari dusun-dusun lain ketika menyambut dan memperingati sekaligus merayakan perayaan tujuhbelasan di negeri ini.

Semangat merdeka dan kreatifitas warga yang wilayahnya tercatat di kecamatan Siliragung, Banyuwangi dalam mendirgahayui 73 tahun kemerdekaan ini benar-benar bisa diacungi jempol. Betapa tidak, semangat kegotongroyongan seluruh warga Sumbermanggis bisa dilihat dan dipotret melalui kreatifitas mereka dalam mempercantik kampung dalam lomba ‘Kampung kreatif’ itu.


Semaraknya ‘Kampung Kreatif’ itu ditandai dengan gemerlapnya lampu warna-warni yang menghiasi sepanjang jalan di kampung-kampung itu. Juga ada keunikan tersendiri. Misalnya, ada banyak papan nama yang berbunyi nama-nama segenap instansi di pemerintahan, seperti, ‘Koramil’, ‘Polsek’, ‘KUA’, ‘Puskesmas’, ‘rumah rakyat’, dan bahkan ada papan yang menunjukkan rumah ‘dukun bayi’.    

 “Saya bangga atas jiwa kegotongroyongan warga Sumbermanggis,” ujar Saiman, kepala dusun, dengan bangga pada DIPLOMASINEWS.NET[ Jumat, 24 Agustus 2018, pukul 20.00 wib ]

Ketika ditemui media online ini di sela-sela pembagian hadiah para pemenang lomba 17-an, ia berucap bahwa kemerdekaan bangsa ini adalah milik semua rakyat, termasuk warga Sumbermanggis, Barurejo, Siliragung, Banyuwangi, itu.

“Rakyat Sumbermanggis juga punya hak untuk memperingati dan membanggakan kemerdekaan negeri ini,” ucap kepala dusun itu penuh semangat.

Sementara itu, Imam Baidowi, kepala desa Barurejo, ketika diminta komentar atas kreatifitas warganya dalam mempercantik dusunnya dalam lomba ‘Kampung Kreatif’ itu mengatakan bahwa  kegiatan lomba pada tujuhbelasan kali ini adalah agar menggugah kesadaran warganya dalam mencintai kampungnya sendiri dan kemudian semakin mempertebal rasa nasionalisme atas negeri ini.

“Lomba kampung kreatif ini adalah salah satu cara membanggaan atas kemerdekaan di negeri ini,” pungkas kepala desa Barurejo itu pada DIPLOMASINEWS.NET.

Onliner   : aris/anang/ikhsan/andri
Editor      : roy enhaer

Related

Njajah Deso 4411600022015490620

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item