Hewan Kurban dan Pawai Obor di Benelan Lor

DIPLOMASINEWS.NET, KABAT_Usai salat isyak, lantunan reliji gema takbir telah membelah malam Idul Qurban di Desa Benelan Lor, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Ketika itu juga meriahnya konvoi obor menyusuri sudut-sudut jalan desa tersebut.

“Pawai obor seperti ini memang sudah menjadi tradisi di desa kami,” terang Hanif Hariadi, SH, kepala desa Benelan Lor pada DIPLOMASINEWS.NET di sela-sela konvoi obor.

Terang orang nomor satu di desa itu lagi bahwa pawai obor semacam itu telah menjadi agenda tahunan di desanya. Gelaran obor itu diikutsertai oleh kelompok bocah-bocah dan dipanitiai oleh remaja masjid setempat.

Sementara itu, paginya, ketika usai salat Idul Adha, warga Benelan Lor melakukan kegiatan korban dengan memotong 5 ekor dan 9 ekor kambing.  Tak hanya itu, pelaksanaan potong hewan kurban, dilanjut dengan tradisi menyiapkan penganan berupa lepet dan ketupat. Kemudian para warga membawanya ke surau-surau untuk dikendurikan bersama.

“Itulah kekayaan tradisi di desa kami. Sebuah kearifan lokal yang perlu dilestarikan keberadaannya,” pungkas kepala desa Benelan Lor, pada media online ini.

onliner      : wiar bp/aris/supriadi
e d i t o r  : roy enhaer

Related

Cover Story 3039742952350494463

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item