Gerak Jalan dan Truk Sarat Muatan

DIPLOMASINEWS.NET, SRONO_Gerak jalan tradisional yang sudah mentradisi bertahun-tahun di Banyuwangi itu diberangkatkan dari garis start oleh wakil bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko. [ Sabtu, 25 Agustus 2018 ] di depan Kantor Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Catatan DIPLOMASINEWS.NET di lapangan, bahwa  even gerak jalan tradisional yang dimulai pada 9.00 wib itu dibagi dalam tiga kategori.

Kategori satu terdiri dari siswa SD yang menempuh jarak sejauh 8 km diikuti 893 regu dan diawali dari GOR Tawangalun hingga garis finish Taman Blambangan. Kategori II, pelajar SMP menyusur jarak tempuh 17 km diikuti 188 regu dan diberangkat dari Kecamatan Srono  kemudian menginjak titik finish di depan Kantor Desa Kedaleman, Kecamatan Rogojampi.

Dan, untuk kategori III yaitu ‘barisan’ dari kelompok umum dan pelajar SMA menempuh jarak 45 km, diikuti 103 regu diberangkatkan dari depan Kecamatan Gambiran dan berakhir di garis finish Taman Blambangan,  Banyuwangi.

Sebelum bendera start dilecutkan oleh wakil bupati, Yusuf Widiatmoko, ia memberikan apresiasi pada ribuan peserta gerak jalan tradisional karena partisipasinya yang tinggi.

“Saya bangga atas antusiasme masyarakat pada gerak jalan tradisional ini,” katanya bangga.   

Sementara itu, di tengah gelaran gerak jalan tradisional itu berlangsung,DIPLOMASINEWS.NET telah memotret aksi-aksi tak simpatik atas ‘gerombolan’ penggembira yang menumpang truk besar dengan melengkapi ‘sound system’ dengan suara yang memekakkan kuping dan menggedor jantung.

“Para penggembira yang menumpang truk besar itu sangat mengganggu kenyamanan penonton. Di manakah aparat? ” ujar salah seorang penonton yang ditemui media online ini tepat di pertigaan Srono.

Ujarnya lagi, gerak jalan tradisional yang sesungguhnya bertujuan mengenang sakralnya kemerdekaan Republik Indonesia, justru ‘dicederai’ dengan aksi dan ulah tak terpuji oleh ‘manusia-manusia’ seperti itu.

Onliner   :  ikhsan/jefri/nanang/andri/budiyono/wiar/adi
Editor      :  roy enhaer     

Related

Cover Story 2946461980574616880

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item